Pulau Sangiang, Destinasi yang Wajib Dikunjungi di Selat Sunda

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Jumat, 6 Maret 2020 | 12:08 WIB
Pantai Sepanjang di Pulau Sangiang (Afkar Aristoteles Mukhaer)

Nationalgeographic.co.id - Tak perlu berlibur jauh-jauh dari Jakarta, terdapat destinasi pulau wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi di dekat selat Sunda

Pulau Sangiang cocok untuk menjadi rekomendasi wisata Anda di akhir pekan ini. Pulau kecil yang secara administratif ada di kawasan Provinsi Banten ini masih asri dengan hutan bakau, hutan hujan, bukit, dan lembah di bibir pantai.

Untuk menyeberang menuju Sangiang, Anda bisa menggunakan perahu dari Pelabuhan Paku Anyer. Anda juga bisa menggunakan trip langsung dari Jakarta dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca Juga: Geliat Rumah Jamu Marie Parakan Menjaga Warisan Jamu Nusantara

Penyeberangan menggunakan perahu memakan waktu selama setengah jam hingga berlabuh di dermaga Pulau Sangiang. Ketika tiba di sekitar perairan pulau, Anda akan disajikan dengan pemandangan eksotis dengan airnya yang bening. Saat memasuki pulau, perahu Anda akan melalui pepohonan bakau yang memberikan jalan menuju dermaga.

Sebagai kawasan pariwisata lokal, pulau ini umumnya dikelola oleh warga setempat yang tinggal di pulau tersebut. Penginapan yang tersedia untuk beristirahat menggunakan rumah warga yang berbahan dasar dari kayu. Menginap di tempat ini adalah rekomendasi termurah bila berkunjung, tapi jika memiliki uang berlebih Anda bisa menginap di beberapa cottage dekat pantai.

Ragam aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pulau ini salah satunya adalah dengan snorkeling pada beberapa titik yaitu Legon Waru, Legon Bajo, dan Pantai Sepanjang. Legon Waru dan Legon Bajo memiliki beragam ikan cantik untuk menemanimu berenang di kawasan laut biru yang bersih. Sedangkan Pantai Sepanjang adalah kawasan pantai yang dipenuhi terumbu karang yang menjadi habitat banyak ikan, dengan arus ombak yang cukup kuat karena tidak memiliki kawasan hutan bakau.

Aktivitas berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah melihat gua kelelawar yang kadangkala menjadi celah ombak laut masuk menuju pulau. Waktu yang cocok untuk melihat gua ini adalah ketika laut sedang pasang, dan ombak cukup kencang.

Tak jauh dari gua kelelawar terdapat bukit yang langsung menjadi lembah bibir pantai. Tempat tersebut bernama Puncak Harapan, dimana kamu bisa melihat sunset dengan jelas dengan pemandangan hamparan laut luas, dan ombak-ombak yang menerjang di bawah lembah. Puncak Harapan adalah lokasi favorit bagi pengunjung untuk berswafoto dan menikmati sore.

 

Puncak Harapan, spot foto terbaik untuk menikmati senja di Pulau Sangiang. (Afkar Aristoteles Mukhaer)

Untuk Anda yang tidak suka memotret dan hanya menikmati senja, tidak jauh dari Puncak Harapan ada Puncak Begal. Puncak ini menjulang dan menghadap menuju Pantai Sepanjang.

Berbeda dengan Puncak Harapan, Puncak Begal memiliki warung yang menjual ragam makanan dan minuman instan untuk beristirahat menunggu matahari tenggelam.