Februari Adalah Bulannya Orang Kulit Hitam dalam Black History Month

By Fikri Muhammad, Jumat, 28 Februari 2020 | 10:51 WIB
Patung wanita kulit hitam berdiri menggantikan patung Presiden Konfederasi Jefferson Davis yang disingkirkan tahun lalu di New Orleans. Sutradara film Zac Manuel (tengah) menggunakan karya itu dalam video musik untuk lagu “If All I Was Was Black,” yang dibawakan penyanyi soul Mavis Staples. (Gillian Laub )

Nationalgeographic.co.id - Saat memperoleh gelar Master dari University of Chicago dan Ph.D dari Harvard Pada awal abad ke-20, Carter Godwin Woodson menyaksikan bagaimana orang Afrika-Amerika kurang terwakili dalam studi tentang sejarah Amerika Serikat.

Maka pada tahun 1915, Woodson dan Jesse E. Moorland mendirikan sebuah Asosiasi untuk studi kehidupan dan sejarah Negro yang sekarang bernama Association for Study of African American Life and History (ASALH).

Organisasi tersebut mempromosikan dan mempelajari sejarah orang kulit hitam sebagai suatu disiplin dan merakayan prestasi orang Afrika-Amerika. Hal ini lah yang menjadi cikal bakal bulan Februari sebagai Black History Month.

"Jika suatu ras tidak memiliki sejarah, itu tidak memiliki tradisi yang berharga, itu menjadi faktor yang dapat diabaikan dalam pemikiran dunia, dan itu berada dalam bahaya kemusnahan," kata Woodson tentang perlunya studi tersebut kepada Time (29/01/2016).

Baca Juga: Mata-mata Cilik di Balik Gemilang Serangan Umum 1 Maret 1949

Pada tahun 1926, Woodson dan ASALH meluncurkan "Pekan Sejarah Negro" untuk memantik perhatian publik dalam prestasi Afrika-Amerika dan membantu sistem sekolah dengan fokus pada topik tersebut.

Woodson memilih minggu kedua di bulan Februari, karena mencakup ulang tahun Frederick Douglass pada 14 Februari dan ulang tahun Abraham Lincoln pada 12 Februari. Acara pun terlaksana pada 1 Februari hingga 29 Februari.

()

Kabar dari perayaan itu tersebar luas. Permintaan akan bahan ajaran di sekolah pun meningkat. Pemahaman mengenai budaya dan sastra kulit hitam menyebar di kalangan kelas menengah.

Hingga pertengahan 1960-an, perguruan tinggi dan universitas di seluruh Amerika Serikat menerapkan Black History Month di kampus mereka.

Bahkan, pemerintah telah mengadopsi perayaan itu sebagai acara peringatan tahunan. Presiden Gerald Ford menetapkan Black History Month sebagai peringatan nasional pada tahun 1976, bertepatan pada ulang tahun ke 50 dari perayaan yang pertama dan dua abad Amerika Serikat.

"Kita dapat mengambil kesempatan untuk menghormati prestasi orang Amerika kulit hitam yang terlalu sering diabaikan dalam setiap bidang usaha sepanjang sejarah kita." Pesan Presiden Gerald Ford dalam Time (29/01/2016).