Beruang Kutub Diketahui Gemar Menyimpan Hasil Buruannya di Dalam Salju

By Aditya Driantama H, Jumat, 28 Februari 2020 | 18:59 WIB
Beruang kutub memangsa lumba-lumba di di Svalbard, kumpulan pulau di Norwegia di Samudra Arktik. (Lutfi Fauziah)

Nationalgeographic.co.id - Dalam kehidupan di Arktika, spesies beruang kutub paling besar, Ursus maritimus diketahui suka menyembunyikan hasil buruannya ke dalam ‘lemari es’. Sama halnya seperti seekor tupai mengubur kacang untuk disimpan nanti, beruang kutub diamati juga mengubur ‘bangkai’ berisi daging di bawah salju. Menurut para peneliti, perilaku mereka tersebut merupakan fenomena yang masih sangat langka.

Sebuah tim penelitian yang dipimpin oleh University of Alberta berangkat menuju Arktika untuk menentukan apakah beruang kutub benar menunjukkan perilaku menyimpan makanan ini. Dan mereka juga mengkaji seberapa sering fenomena terlihat pada periode sebelumnya.

Para peneliti mencari dan mengkaji ribuan hasil pengamatan pada beruang di Svalbard, Greenland, dan Kanada antara tahun 1973 hingga 2018.

Baca Juga: Studi: Kecepatan Arus Laut Makin Tinggi Akibat Perubahan Iklim

Hasilnya menunjukkan, ada 19 beruang kutub yang menyembunyikan makanan mereka. 

Dilansir dari IFL Science, Ian Stirling, kepala penelitian, mengatakan bahwa keingintahuan tentang perilaku ini timbul sesaat dia menerima foto seekor beruang kutub jantan yang berbaring di atas es dengan mangsanya, yaitu anjing laut yang sebagian besar tertutup salju. Ia mengatakan, perilaku seperti ini baru terlihat selama lebih dari 40 tahun melakukan penelitian.

Menurut para peneliti, perilaku menimbun ini dipengaruhi oleh faktor mangsanya. Makanan kecil seperti bayi anjing laut akan dimakan dalam sekali santap tak bersisa. Namun, untuk makanan yang lebih besar, seperti anjing laut dewasa atau sebagian tubuh ikan paus, mungkin akan disimpan di dalam salju dan dijaga.

Para peneliti menilai, ini mungkin dilakukan untuk mencegah fenomena yang dikenal sebagai kleptoparasitisme, di mana sesama beruang atau binatang lainnya bisa mengambil makanan tersebut.

Pasalnya, warna dari bangkai makanan yang gelap (seperti warna anjing laut dan penguin) dan berlumuran darah cukup jelas terlihat di permukaan salju yang berwarna putih. Maka dari itu, bangkai tersebut dikubur di dalam lapisan salju, sehingga hewan lain sulit untuk mengetahuinya.

Beruan kutub menyembunyikan mangsanya dari beruang lain. ()

Baca Juga: Lapisan Es Semakin Hilang, 61 Beruang Kutub Mencari Makan Hingga ke Desa

Para peneliti mengatakan, beruang akan lebih tertarik untuk menguburnya ketika terdapat banyak salju di wilayah tersebut. Beberapa beruang kutub sangat memperhatikan mangsanya, bahkan bisa menguburnya beberapa kali.

Perilaku ini telah diamati pada berbagai spesies beruang, yang paling umum ialah pada beruang coklat atau grizzly. Para peneliti percaya bahwa perbedaan perilaku pada kedua spesies ini mungkin terkait dengan hewan lain pada habitat mereka.