Jumlah Pasien Corona di Indonesia Melonjak, Total 19 Orang

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 9 Maret 2020 | 18:27 WIB
Ilustrasi virus corona yang menyerang organ tubuh ()

Nationalgeographic.co.id - Jumlah pasien positif corona di Indonesia, melonjak menjadi 19 orang pada Senin (9/3) sore. Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, menyatakan bahwa memang ada penambahan 13 pasien yang terjangkit Covid-19, setelah sebelumnya hanya enam orang.

"Hari ini saya sampaikan kasus 7 sampai 19 yang dinyatakan positif corona," ungkap Yurianto di Istana Kepresidenan, dilansir dari Kompas.com.

Ia menambahkan, dari 13 pasien tersebut, dua di antaranya merupakan Warga Negara asing (WNA). Ada pula kasus yang merupakan imported cases, yakni pasien tertular virus corona ketika berada di luar negeri. Selain itu, tiga di antaranya berkaitan dengan kasus 1 atau 'kelompok dansa' di Jakarta.

Baca Juga: Mengapa Penularan Virus dari Hewan ke Manusia Terus Terjadi?

Yuri mengungkapkan, kasus nomor 7 merupakan berusia 59 tahun, dengan kondisi ringan sedang dan stabil. Pasien 7 ini diketahui baru kembali dari luar negeri dan menunjukkan gejala Covid-19. Setelah diperiksa, hasilnya menunjukkan positif.

Selanjutnya, pasien kasus 8 merupakan laki-laki berusia 56 tahun, yang tertular dari kasus 7. 

Berikutnya, kasus 9 adalah perempuan berusia 55 tahun. Kondisi tampak sakit ringan sedang tanpa ada penyakit penyulit sebelumnya.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Saat Virus Corona Menyerang Organ Tubuh

Untuk pasien 10-19, berikut keterangannya:

Pasien 10, laki-laki 29 tahun, WNA. 

Pasien kasus 11, WNA, perempuan 54 tahun. 

Pasien kasus 12, laki-laki 31 tahun.