Bumi Kardus: Menjaga Bumi dengan Kreasi Daur Ulang Sampah Kardus

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Kamis, 19 Maret 2020 | 10:33 WIB
Dekorasi rumah-rumahan yang dibuat Bumi Kardus (Bumi Kardus)

Nationalgeographic.co.id - Ada banyak sampah yang bisa didaur ulang, seperti plastik, kaleng, dan kardus. Daur ulang sampah bisa menjadi apa saja, termasuk kreasi mainan yang dibuat oleh Bumi Kardus.

Selain membuat karya dari kardus, Sanjaya Arifin, CEO Bumi Kardus mengatakan bahwa mereka juga memberikan edukasi kepada masyarakat melalui workshop mengenai pemanfaatan limbah kardus.

“Kurikulumnya pun disesuaikan dengan usia sehingga workshop pemanfaatan media kardus ini tidak hanya untuk anak-anak, tetapi bisa untuk orang tua, atau tim building bagi karyawan perusahaan,” kata Arifin.

Baca Juga: Berbau Seperti Makanan, Alasan Penyu Kerap Mengonsumsi Sampah Plastik

Bumi Kardus beranggapan bahwa sampah kardus di Jabodetabek umumnya dihasilkan dari kemasan produk makanan dan kemasan barang elektronik dan mainan. 

Sayangnya kesadaran daur ulang limbah kertas dan kardus masih minim dan perlu ditingkatkan mulai dari lingkup rumah tangga, hingga lingkungan perkantoran agar tidak tercampur dengan sampah-sampah organik.

Arifin sendiri menyampaikan alasannya mengapa mendirikan Bumi Kardus karena keinginannya membangun kesadaran masyarakat mengenai daur ulang kardus yang berasal dari limbah kertas.

“Dengan penggunaan kardus sebagai bahan baku utama, secara tidak langsung Bumi Kardus ikut mengkampanyekan zero waste lifestyle limbah kertas kepada masyarakat,” kata Arifin saat dihubungi.

“Selain itu, penggunaan media kardus memiliki tantangan yang menarik karena sejauh ini penilaian masyarakat umum, kardus hanya bisa digunakan untuk packaging saja. Hal ini mendorong tim Bumi Kardus untuk terus berinovasi mewujudkan imajinasi dengan media kardus,” imbuhnya.

Melalui beberapa karyanya, Bumi Kardus sudah menciptakan banyak kreasi dari daur ulang sampah kardus. Salah satunya adalah congklak raksasa sepanjang 10 meter yang berkolaborasi bersama komunitas, dan masuk rekor MURI karena kreasi tersebut.

Baca Juga: Penelitian: Setengah Pasir Pantai di Bumi Akan Lenyap Tahun 2100

Arifin menyampaikan bahwa Bumi Kardus telah bermitra dengan beberapa pihak yang mampu mengelola limbah kardus menjadi kardus baru yang bisa dipakai. Bahkan melalui kampanyenya, Bumi Kardus juga secara tidak langsung berkampanye melalui kerjasama pembuatan booth pameran, dekorasi event, dan backdrop yang sangat ramah lingkungan menggunakan kardus.

“Hingga saat ini, Bumi Kardus telah dipercaya oleh brand-brand besar untuk mensukseskan konsep booth dan pameran perusahaannya. Selain itu, Bumi Kardus juga mendapat kepercayaan dari event organizer untuk instalasi dekorasi event skala nasional dan internasional,” kata Arifin.