Cegah Penyebaran Corona, LIPI Tutup Sementara Empat Kebun Raya

By Fikri Muhammad, Rabu, 18 Maret 2020 | 17:55 WIB
Teratai Raksasa atau atau <i>Victoria amazonica</i> di Kolam Gunting, Kebun Raya Bogor d (Yunaidi Joepoet)

Nationalgeographic.co.id - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan melakukan penutupan sementara empat Kebun Raya yang dikelolanya.

Kebun Raya itu diantaranya ialah Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya "Eka Karya" Bali.

Baca Juga: Karantina Wilayah Akibat Pandemi COVID-19, Polusi Udara Berkurang

Penutupan sementara ini merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen LIPI untuk ikut serta menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat pada situasi penyebaran virus Covid-19.

Pemberlakuan penutupan sementara itu pun akan dilakukan mulai Kamis 19 Maret hingga Selasa 31 Maret 2020.

“Akan dibuka kembali setelah melihat perkembangan situasi,” ucap Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko di Bogor, Jawa Barat pada Rabu (18/3).

Baca Juga: Cara Bersihkan Ponsel untuk Membantu Melindungi Anda dari COVID-19

Selain itu, Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, R. Hendrian mengatakan bahwa selama penutupan akan dilakukan langkah pencegahan virus Covid-19. Seperti penyemportan desinfesktan ke seluruh fasilitas-fasilitas publik di Kebun Raya.

Hendrian menambahkan bahwa selama penutupan akan dilakukan mekanisme pengaturan kerja pegawai agar koleksi tumbuhan Kebun Raya tetap terawat. Sehigga pada saat nanti dibuka kembali kondisi tetap nyaman, rapi, dan terpelihara.