Membuat Hand Sanitizer dari Tanaman di Sekitar Kita, Begini Caranya

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 19 Maret 2020 | 21:30 WIB
Hand sanitizer. (goffkein/freepik)

Nationalgeographic.co.id - Selama 17 hari, semenjak Presiden Jokowi mengumumkan kasus COVID-19 pertama di Indonesia, jumlahnya kian meningkat. Per Kamis 19 Maret, korban terinfeksi mencapai 309, kematian 25 orang, dan pasien sembuh 11 orang.

Mulai dari WHO hingga pemerintah Indonesia, menyarankan kita menjaga kebersihan diri untuk menghindari penularan virus corona. Salah duanya dengan rajin cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer atau penyanitasi tangan. Akibatnya, permintaan akan penyanitasi tangan pun meningkat sehingga sulit ditemukan di pasaran.

Baca Juga: Tes Masif dan Pembatasan Sosial, Cara Cegah Penyebaran Corona di Indonesia Agar Tak Semakin Parah

Meski begitu, jangan khawatir karena pembersih tangan ini bisa kita buat sendiri di rumah. Dhanang Puspita, ahli biologi dari Universitas Kristen Satya Wacana, mengatakan bahwa membuat hand sanitizer bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar kita. 

"Nenek moyang kita sudah mengajarkan membuat sanitizer atau antiseptik sejak dulu. Kalau kita lihat di film-film, saat tokoh terluka, mereka mencari daun-daunan kemudian dikunyah atau ditumbuk sebelum dioleskan pada luka. Dengan kata lain, di dalam tumbuhan ada senyawa bioaktif yang dapat mencegah infeksi kuman penyakit," papar Dhanang. 

Lalu tanaman apa yang bisa kita gunakan untuk membuat hand sanitizer? Menurut Dhanang, carilah tumbuhan yang memiliki aroma spesifik, seperti daun jeruk, serai, lavender, sirih, sedap malam, kamboja, dan yang lainnya.

Baca Juga: Everest Ditutup Untuk Cegah Corona, Wisata Nepal Paling Terdampak

Jika sudah menemukan tanaman tersebut, menurut Dhanang, ini langkah-langkah yang bisa dilakukan:

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuat hand sanitizer dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekeliling kita. Selamat mencoba!