Penemuan Unik, Hewan Ini Mampu Bernapas Tanpa Menghirup Oksigen

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Kamis, 2 April 2020 | 09:28 WIB
Ikan Salmon (Lutfi Fauziah)

Nationalgeographic.co.id - Para ilmuwan dari Tel Aviv University memiliki temuan yang mengejutkan dalam pengetahuan mengenai dunia hewan. Berdasarkan studi yang dipublikasikan pada Proceeding National Academy of Sciences menemukan bahwa parasit kecil yang umumnya hidup di otot ikan Salmonberhenti bernapas dan mengonsumsi oksigen sebagai sumber energi.

Parasit ini sendiri diketahui merupakan sejenis myxozoa yang memiliki kerabat ubur-ubur dan koral dalam rantai evolusi. 

“Penemuan kami menunjukan bahwa evolusi dapat berjalan ke arah yang aneh. Pernapasan adalah sumber energi utama, tapi kami justru menemukan seekor binatang yang melepaskan syarat hidup tersebut,” kata Dorothee Huchon, peneliti dari School of Zoology Tel Aviv University.

Baca Juga: Tak Mampu Fotosintesis, Tanaman Parasit nan Cerdas Ini Punya Strategi yang Mengagumkan 

Penelitian ini dilakukan dengan mengurutkan genom parasit tersebut dengan myxozoa lainnya. Hasilnya menunjukkan bahwa genomnya tidak memiliki mitokondria.

Mitokondria sendiri merupakan sel yang dimiliki hewan untuk membangkitkan energinya dengan menangkap oksigen. Absennya sel ini menunjukan bahwa hewan tersebut tidak menghirup oksigen.

Foto miskrokopis yang menunjukan bahwa parasit myxozoa yang ada pada Salmon tersebut tidak memiliki mitokondria ()

Baca Juga: Mikroba Berpotensi Bantu Bersihkan Kebocoran Gas Alam

Penemuan ini mematahkan anggapan bahwa kingdom animalia harus bisa menghirup oksigen.

“Belum jelas bagaimana parasit ini bisa menghasilkan energi. Mungkin ia memiliki respirasi yang berbeda seperti pernapasan tanpa oksigen yang umumnya menjadi ciri organisme non-animalia anaerob,” papar Huchon. 

Ia menambahkan, penemuan ini memiliki makna besar bagi penelitian evolusi yang semakin kompleks, terutama mengenai organisme bersel tunggal.