NASA Menangkap Gambar Berbentuk Naga di Sistem Ngarai Planet Merah

By Aditya Driantama H, Kamis, 16 April 2020 | 09:44 WIB
Bentuk naga yang berada di bagian ngarai Valles Marineris di Mars. Skala kurang dari lima kilometer. ()

Nationalgeographic.co.id - Kamera High Resolution Imagine Science Experiment (HiRISE) di pesawat Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) NASA menemukan keunikan baru dari Mars. Diketahui bahwa ada sebuah gambar naga yang tersembunyi di bagian ngarai besar Mars yang bernama Valles Marineris--membentang di sepanjang planet tersebut.

Dirancang dan dioperasikan oleh Lunar and Planetary Lab di University of Arizona, HiRISE adalah kamera paling ‘kuat’ yang pernah dikirim ke planet lain. Dengan kemampuan resolusi tinggi hingga 30 sentimeter per piksel, kamera ini telah mengirim kembali data sejak 2006 dan telah mencakup lebih dari 2,4 persen permukaan Mars. Satu area yang berulang kali dicitrakan adalah Melas Chasma--segmen terluas dari sistem ngarai Valles Marineris.

Baca Juga: Pernah Dikira UFO, Oumuamua Kemungkinan Berasal dari Reruntuhan Planet

Dari gambar yang diambil 258 kilometer di atas Melas Chasma pada 2007, sebagian menunjukkan dinding batu Mars dan lantai ngarai yang terlihat seperti naga. Dalam gambar, lantai ngarai yang berwarna coklat muda dipenuhi dengan endapan kuning yang tidak biasa, yang ukuran diameternya bervariasi antara 100 hingga 500 meter.

Morfologi mereka juga agak berbeda. Sebagian besar tampak bulat, tapi beberapa juga memiliki sudut yang bisa sangat panjang, yang menurut Cathy Weitz, dari University of Arizona, adalah bukti deformasi yang elastis. Batu tersebut berubah bentuk yang kemungkinan disebabkan dari gangguan tektonik setelah berada di lantai ngarai.

Melas Chasma. ()

Faktanya, seperti yang ditulis di Jet Propulsion Laboratory NASA pada 2017, ada bukti bahwa air dan angin yang menyebabkan terdapat banyak endapan interior di Melas Chasma.

Jika dilihat, bentuk-bentuk kecil dalam matriks lebih gelap di sekitar naga tersebut, dan itu disebabkan oleh angin. Distribusi blok diamati hanya sepanjang lantai ngarai dan di lembah lain (seperti yang terlihat pada bagian bawah gambar).