Spesies Baru dari Iguana Hitam Ditemukan di Karibia, Seperti Apa?

By Aditya Driantama H, Minggu, 19 April 2020 | 11:49 WIB
Iguana hitam (Iguana melanoderma) sedang berjemur. ()

Nationalgeographic.co.id - Spesies baru dari iguana hitam yang belum lama ini ditemukan di Karibia Timur, sudah menghadapi ancaman. Penelitian baru menunjukkan, bahwa ancaman tersebut datang dari pelestarian yang tidak berkelanjutan serta iguana invasif.

Iguana melanoderma secara morfologis dan genetik berbeda dari dua spesies endemik iguana hijau lainnya yang dikenal di daerah tersebut. Ditemukan di pulau Saba dan Montserrat, ia dinamai karena sistem melanismenya, mutasi genetik sel yang mengatur warna rambut dan kulit, di mana konsentrasi tinggi melanin pigmen gelap menghasilkan warna yang semuanya hitam.

Melanisme paling sering terjadi pada macan kumbang, tetapi telah menghasilkan pewarnaan liar spesies di kerajaan hewan, seperti zebra polkadot, penguin hitam, dan koyote.

Baca Juga: Fosil Kumbang dengan Kristal Fotonik Ungkap Evolusi Struktur Warna

Seperti yang dijelaskan dalam jurnal ZooKeys, para peneliti mengidentifikasi spesies baru ini dengan mengamati individu di alam liar serta foto-foto mereka kemudian membandingkannya dengan spesimen di berbagai lembaga penelitian.

DNA diekstraksi dari 44 individu untuk mengonfirmasi temuan mereka--ditandai dengan bercak hitam khas antara rongga mata dan telinga reptil, atau tympanum, remaja dan dewasa muda memiliki "pola karpet tipis" yang akhirnya menjadi gelap seiring bertambahnya usia hewan.

Di pulau Saba, I. melanoderma dianggap sebagai "spesies andalan" dan suka bermalas-malasan di tebing, terutama di lingkungan yang berkabut dan dingin di mana mereka dapat ditemukan berjemur saat matahari terbit.

Di pulau vulkanik terdekat Montserrat, iguana dapat ditemukan di berbagai habitat, termasuk daerah pemukiman. Namun, mereka lebih suka lokasi di dekat perairan dingin dan sungai. Para peneliti berpikir bahwa warna hitam bisa menjadi adaptasi untuk membantu reptil meningkatkan panas tubuh mereka dalam kondisi dingin.

Perbandingan iguana hitam remaja dengan dewasa ()

Setidaknya ada tiga spesies iguana lain yang diketahui berada di wilayah tersebut, termasuk iguana Antilla Kecil (Iguana delicatissima) endemik ke pulau-pulau paling utara di Karibia. Dua spesies yang diperkenalkan, iguana umum dari Amerika Selatan, dan iguana hijau (Iguana rhinolopha) dari Amerika Tengah, telah kalah bersaing dan kawin silang dengan spesies asli, sebuah keprihatinan yang menurut para peneliti konservasi dapat mengancam I. melanoderma.

Dilansir dari EurekAlert, Frédéric Grandjean, ketua penelitian, mengatakan bahwa dengan meningkatnya perdagangan dan pengiriman di wilayah Karibia dan kegiatan restorasi, sangat mungkin bahwa akan ada peluang baru bagi iguana invasif untuk menjajah pulau-pulau baru yang dihuni oleh garis keturunan endemis. 

Perbandingan iguana hitam yang ditemukan di Montserrat (atas) dan Saba (bawah). ()