Menghadapi Gempa Megathrust, Sebaiknya Persiapkan Perlengkapan Ini

By Gregorius Bhisma Adinaya, Senin, 30 April 2018 | 16:46 WIB
Ilustrasi (vicnt)

 

Gempa yang terjadi pada akhir Januari 2018 lalu menjadi sebuah pengalaman yang tidak terlupakan bagi warga Jakarta. Bukan tanpa alasan, gempa yang berpusat pada 91 kilometer baratdaya Lebak, Banten ini ternyata dirasakan kuat oleh warga Jakarta.

Semua orang berhamburan ke luar gedung perkantoran, sebagian lagi bertahan di bawah meja karena mereka bekerja pada lantai atas.

Tidak hanya dirasakan oleh warga Jakarta, namun gempa dengan kedalaman 61 kilometer ini juga dirasakan oleh warga Bogor, Bekasi, Tangerang Selatan dan Garut.

Baca juga: Power Bank Dilarang di Pesawat, Ini yang Harus Diperhatikan

Gempa Banten yang terasa besar di Jakarta kemarin juga menandai aktivitas zona tektonik di selatan Jawa yang semakin meningkat. Hal ini ditegaskan oleh Irwan Meilano, ahli geodesi kebumian di Institut Teknologi Bandung (ITB) kepada Kompas.com pada Selasa (23/1/2018) lalu.

Pembicaraan mengenai gempa megathrust pun menjadi topik yang semakin hangat dan banyak dibicarakan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa Jakarta berpotensi terus menerus terdampak gempa dari patahan di sekitarnya. Hal ini disampaikan Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG Pusat dalam acara diskusi antara BMKG dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Jakarta, pada Rabu (28/2/2018).

Potensi gempa raksasa di zona subduksi (tumbukan lempeng) Selat Sunda itu disimpulkan dari keberadaan kosong gempa (seismic gap) sepanjang 350-550 kilometer (km). Zona kosong gempa itu sangat mungkin menyimpan potensi gempa raksasa karena energi dari gesekan dua lempeng bumi masih tersimpan.

"Dengan membuat estimasi lebar dan slip-nya dikalikan panjang seismic gap itu, kami perkirakan potensi kekuatan gempanya dan ketemu sekitar Mw 9 itu," kata peneliti tsunami pada Balai Pengkajian Dinamika Pantai Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Widjo Kongko, Senin (31/3), di Jakarta.

Peneliti gempa bumi dari Pusat Penelitian Geo Teknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Bandung, Eko Yulianto, mengatakan potensi gempa raksasa di Selat Sunda menjadi pengetahuan umum peneliti. "Setelah gempa Aceh 2004 dan Sendai 2011, kalangan ilmuwan meyakini bahwa gempa dan tsunami raksasa bisa terjadi di seluruh zona subduksi di mana pun," kata dia.

Di Indonesia, potensi gempa besar dapat terjadi di zona subduksi Mentawai, Selat Sunda, selatan Bali, Flores, hingga sekitar Ambon dan Papua. Eko pernah meneliti endapan tanah di sekitar Sungai Cikembulan, Pangandaran, Jawa Barat, untuk mencari jejak tsunami masa lalu. Ditemukan jejak tsunami besar 400 tahun lalu. "Data ini harus dikonfirmasi dengan pengeboran," tambah Eko.

Bersiap menghadapi