20 Karya Terbaik vivo V19 Perfect Night Perfect You Portrait Photo Competition

By National Geographic Indonesia, Rabu, 22 April 2020 | 18:18 WIB
vivo bekerja sama dengan National Geographic Indonesia menyelenggarakan vivo V19 Perfect Night Perfect You Photo Competition. (National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id – Bekerja sama dengan National Geographic Indonesia, vivo menyelenggarakan kompetisi mobile photography pada 10 Maret-8 April 2020.

Kompetisi bertajuk Perfect Night Perfect You ini mengusung tema “Human and Portrait Interest” di mana para peserta diharapkan membuat potret profil seseorang yang menampilkan karakter dan kepribadiannya hanya dengan menggunakan smartphone.

vivo V19 Perfect Night Perfect You Portrait Photo Competition terbuka untuk semua Warga Negara Indonesia (WNI)—baik yang sudah professional maupun pemula. Kompetisi ini disambut dengan baik oleh para peminat fotografi. Hingga 8 April lalu, tercatat ada 1.885 karya yang dikirim.

Pada Selasa (21/4/2020), para juri telah memlih 20 foto terbaik yang nantinya akan diikutsertakan ke final pada 8 Mei mendatang. Rahmad Azhar Hutomo, fotografer National Geographic Indonesia sekaligus juri pada kompetisi ini mengatakan, kurasi dilakukan setelah para peserta mengirimkan foto terbaik mereka ke situs resmi lomba www.vivosmartphone.id.

“Karya-karyanya cukup beragam, dengan teknik light painting yang mendominasi,” ujar Azhar.

Ia menambahkan, kesesuaian konsep portrait dan human interest dengan tema besar Perfect Night Perfect You menjadi kunci untuk lolos ke 20 besar. Selain itu, kreativitas juga menjadi hal yang penting dalam penilaian—bagaimana peserta dapat menuangkan ide melalui jepretan foto.

“Bagi saya, yang tak kalah penting adalah efek ‘waw’ saat dua sampai tiga detik melihat foto dan menilai bahwa karya ini memiliki kekayaan visual yang baru,” ungkap Azhar.

Berikut 20 karya peserta yang lolos ke tahap final:

Bimo Pradityo. ()

Oki Sobara. ()

Nur Efendi. ()

Ikhsan Effendi. ()