Inilah Cara Terbaik Mencuci Sayur dan Buah Agar Terhindar Dari Bakteri

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 29 April 2020 | 17:10 WIB
Pastikan tangan, saringan, dan alat lainnya yang digunakan untuk membilas buah dan sayuran, cukup bersih. (petrograd99)

Nationalgeographic.co.id - Menurut Linda Harris, Ketua Departemen Peneliti Makanan di University of California, kemungkinan kita untuk menemukan bakteri E.coli pada buah dan sayuran sangat jarang. “Risikonya sangat rendah,” ujarnya.

Meski begitu, Anda harus tetap membersihkannya sebelum dikonsumsi. “Produk tersebut dijual di tempat terbuka di mana semua orang bisa menyentuhnya, jadi pasti ada kotoran di atasnya,” papar Linda.

Cara terbaik

Ketika berbicara tentang menghilangkan kotoran atau apa pun yang bisa membuat Anda sakit–termasuk patogen yang berasal dari jari-jari penjual dan pembeli–bilasan sederhana disertai dengan usapan pada sayur dan buah merupakan cara membersihkan paling efektif.

Baca Juga: Dapatkah Seseorang Berpuasa Saat Mengalami Gejala COVID-19?

Tentu saja, sarannya berbeda antara satu dengan yang lainnya. “Pada apel yang memiliki permukaan lebih lembut, Anda bisa menggosok sambil membilasnya. Kami telah melakukan beberapa studi terkait ini. Mengeringkannya dengan handuk bersih juga mengurangi mikroorganisme pada buah secara signifikan,” kata Linda.

Sementara metode ini bekerja untuk apel, pir, dan buah-buahan berkulit lainnya, Linda mengatakan, cara tersebut tidak berlaku untuk buah lunak seperti stroberi.

Untuk makanan lembut ini, sebaiknya pencucian dilakukan tepat sebelum memakannya agar tidak basah dan lembap dalam waktu lama. Marisa Bunning, profesor di bidang ilmu makanan dan gizi manusia di Colorado State University mengatakan, kelembapan bisa memicu perkembangan bakteri.

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol Hingga Mencegah Depresi, Kenali Manfaat Berpuasa

Selain itu, pastikan tangan, saringan, dan alat lainnya yang digunakan untuk membilas, cukup bersih.

Yang tidak perlu dilakukan

Beberapa langkah yang tidak perlu dilakukan saat mencuci sayuran dan buah adalah menggosoknya dengan sikat, merendamnya di wastafel penuh air, atau menggunakan soda kue untuk menghilangkan pestisida.

Dua metode pertama justru akan mencemari buah dan sayur, dibanding membersihkannya. Dan meskipun soda kue terbukti dapat menghilangkan residu pestisida, Linda mengatakan, tetap ada risiko kesehatan di baliknya.

Selain itu, Linda mengingatkan, jangan pernah mencuci buah-buahan atau sayuran yang sudah dibersihkan sebelumnya. Juga jangan lagi membilas yang sudah siap dimakan.