Siapkan Gawai Cerdas Demi Solusi Produktivitas #BekerjaDariRumah

By National Geographic Indonesia, Kamis, 7 Mei 2020 | 00:46 WIB
WFH ()

Nationalgeographic.co.id—Sejak pemberlakuan karantina wilayah atau pembatasan sosial karena pandemi, kita mengurangi aktivitas di luar rumah. Berbelanja, bersekolah, dan bekerja dilakukan dari rumah. Pada situasi seperti ini, peran gawai cerdas dapat menunjang produktivitas kinerja kita, apabila dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Warga pun saling mengingatkan untuk beraktivitas di rumah dengan #BekerjaDariRumah atau #WorkFromHome yang berseliweran di media sosial.

Siapkan suasana kerja yang nyaman. Ketika berada di rumah, tantangan terbesar dalam melakukan pekerjaan adalah menciptakan suasana yang kondusif untuk bekerja. Siapkan segala keperluan kerja seperti laptop, gawai cerdas, perangkat jemala (headset) di atas meja. Jika perlu, tambahkan segelas kopi dan cemilan untuk menemani kamu agar aktifitas #BekerjaDariRumah semakin kondusif. Jika suasana kantor tercipta di rumah, kita berharap produktivitas pun bertambah.

Siasati Pekerjaan Lintas Perangkat. Apabila kita memiliki akses langsung ke serangkaian aplikasi Microsoft Office, kita akan terbantu untuk selalu siap saat bekerja atau belajar dari jarak jauh. Pastikan gawai cerdas kita memiliki kemitraan dengan Microsoft, sehingga kita dapat mengakses ke aplikasi untuk mengatur pekerjaan, seperti memindai dan menandatangani PDF, ataupun mengonversi gambar ke tabel Excel. Terlebih lagi, dengan hadirnya fitur Link to Windows, kita juga dapat mengakses pesan, melihat notifikasi, atapun mengambil gambar penting di galeri. Pastikan perangkat gawai cerdas kita membuat tetap terhubung dan bekerja tanpa perlu berpindah perangkat.

 Baca Juga: Perisai untuk Membatasi Kecanduan Aplikasi Gawai Saat Masa Karantina

Kemajuan dalam teknologi bukan berarti terlepas dari kejahatan. (Thinkstock)

Konferensi Daring Lebih Nyaman. Bekerja tidak lengkap rasanya tanpa adanya koordinasi dengan rekan-rekan se-kantor. Selama masa-masa #BekerjaDariRumah ini, mau tidak mau seluruh koordinasi harus dilakukan secara daring. Kini, sudah banyak aplikasi yang mempermudah proses komunikasi kita dengan rekan kerja, seperti Microsoft Team atau Google Duo.

Multitugas Berperforma tinggi dengan Samsung DEX. Bagi para desainer grafis, Samsung Dex dapat menjadi pilihan yang tepat. Kita dapat menggambar dengan menggunakan layar sentuh perangkat Galaxy, dan melihat hasil gambar pada layar monitor dengan mudah. Kemudahan ini bisa kita dapatkan tanpa mengorbankan detail. Samsung Dex juga cocok bagi kita yang ingin tetap bekerja sambil menemani anak menonton kanal favorit mereka di Youtube dan aplikasi aliran langsung lainnya.

Buat daftar pekerjaan (to-do-list) harian. Siapkan daftar pekerjaan yang harus diselesaikan hari ini dan berikutnya. Kita dapat mengetahui hal apa saja yang harus kita selesaikan dalam satu hari. Gunakan fitur Bixby Reminder pada gawai cerdas kita untuk mengingatkan kamu pada daftar pekerjaan agar tenggar pekerjaan dapat selesai tepat waktu dan tidak terlambat mengikuti setiap rapat daring.

 Baca Juga: Optimalkan Gawai Cerdas Sepanjang #DiRumahSaja Karena Pandemi

Untuk para pengguna Samsung Galaxy S20 series, kegiatan #BekerjaDariRumah tidak menjadi hambatan. Perangkat ini memiliki ragam fitur unggulan yang mendukung kegiatan kerja sehari-hari. (Samsung)

“Bagi pekerja yang belum terbiasa, terdapat berbagai hal baru yang menjadi tantangan WFH, seperti kesulitan untuk melakukan koordinasi dengan rekan kerja, maupun hal yang kecil seperti menyusun to-do-list harian mereka. Dengan Galaxy S20 series, Samsung ingin membantu Anda untuk tetap aktif, produktif, dan terkoneksi,” ucap Denny Galant, Head of Product Management, IT & Mobility, Samsung Electronics Indonesia.

Untuk para pengguna Samsung Galaxy S20 series, kegiatan #BekerjaDariRumah tidak menjadi hambatan. Perangkat ini memiliki ragam fitur unggulan yang mendukung kegiatan kerja sehari-hari. Denny juga menambahkan, “Dengan berbagi tips dari fitur-fitur yang dapat mendukung pekerjaan seperti Link to Windows, Google Duo dan masih banyak lagi, kami berharap dapat memberikan ide baru dan menjadikan transisi rutinitas ini menjadi lebih mudah.”