Baik untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Berikut Empat Manfaat Berkebun

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 11 Mei 2020 | 15:49 WIB
Berkebun dapat membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh. (ipopba/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Apakah itu menanam buah-buahan, sayuran, bunga atau sukulen, berkebun memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi fisik dan mental kita. Berikut di antaranya:

Membuat tubuh tetap bugar

Mengurus tanaman dapat menjadi cara untuk tetap aktif di rumah. Faktanya, berkebun menjadi salah satu kegiatan yang direkomendasikan karena dapat mendorong penggunaan keterampilan motorik, meningkatkan daya tahan dan kekuatan serta membuat kita terus bergerak.

Kegiatan berkebun seperti menyiram atau menanam bibit dapat melatih peregangan otot karena mampu menstabilkan keseimbangan tubuh yang melibatkan beberapa gerakan seperti berdiri, membungkuk dan berlutut.

Baca Juga: Cara Tetap Aman Belanja Kebutuhan Sehari-hari Selama Pandemi

Mengonsumsi makanan lebih sehat

Memperhatikan tanaman tumbuh dan menunggu buah atau sayuran siap dimakan, membantu menimbulkan antusiasme dan kegembiraan kita terhadap makanan sehat. Pada akhirnya, ini akan menambah variasi makanan, memicu kita untuk menyiapkan hidangan sehat buatan sendiri, juga lebih menghargai setiap makanan yang akan dikonsumsi.

Membantu lebih rileks

Berkebun juga merupakan cara yang bagus untuk bersantai, memberikan kesempatan untuk menenangkan pikiran dan menjauh dari kesibukan sehari-hari. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa berkebun dapat membantu mengatasi gejala penyakit mental seperti depresi dan kecemasan.

Baik Anda berkebun sendiri, atau melibatkan seluruh keluarga, ini cara yang bagus untuk menghabiskan waktu di luar ruangan, jauh dari layar gawai dan daftar pekerjaan, juga menjadi kesempatan berinteraksi dengan alam.

Tugas berulang seperti menyiram tanaman hingga menunggunya tumbuh dapat menjadi latihan yang bagus untuk pikiran dan fisik kita.

Baca Juga: Inilah Cara Terbaik Mencuci Sayur dan Buah Agar Terhindar Dari Bakteri