Foto-foto Hewan yang Mampu Bertahan Hidup di Tempat Terdingin Bumi

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 12 Mei 2020 | 14:07 WIB
Anjing laut bercincin muncul dari sebuah lubang di lapisan es Arktika. Mereka biasa bersembunyi di gua-gua salju untuk berlindung dari predator utamanya: beruang kutub. (Paul Nicklen/Nat Geo Image Collection)

Nationalgeographic.co.id – Sejak 1980-an, Arktika sudah kehilangan lebih dari satu juta mil persegi es laut–luasnya hampir sama dengan Alaska, Texas, dan California jika digabungkan.

Dengan menyusutnya es di wilayah tersebut, beruang kutub dan penguin pun kesulitan mencari makanan. Walrus, yang biasanya melahirkan di tepi es laut, terpaksa berkumpul bersama-sama di daratan ketika lapisan es menghilang. Ini membuat anak-anak walrus berisiko terinjak-injak.

Baca Juga: Spesies Baru Ular Hijau Ini Dinamai Dari Tokoh Serial Harry Potter

Saat Bumi menghangat, spesies-spesies kutub berjuang untuk mempertahankan suhu dingin bagi tubuhnya. Meski perubahan iklim memengaruhi semua hewan di planet ini, tapi wilayah kutub lah yang mengalami perubahan paling dramatis ketika es-es di sana lenyap ke lautan.

National Geographic mengabadikan foto hewan-hewan kutub yang bertahan hidup di wilayah-wilayah terdingin Bumi. Berikut di antaranya.

Seekor beruang kutub muda melompat ke lapisan es di Svalbard, Norwegia. Perubahan iklim sangat mengancam keberlangsungan hidup beruang kutub sehingga mereka masuk daftar hewan yang rentan terhadap kepunahan. (Paul Nicklen/Nat Geo Image Collection)

Induk beruang kutub bersama anak-anaknya di Svalbard. Beruang kutub bergantung pada es laut untuk berburu. Saat es laut surut, beruang kutub kehilangan akses untuk mendapatkan mangsanya. (Paul Nicklen/Nat Geo Image Collection)

Sekelompok paus beluga tertangkap kamera saat berengang 200 kaki di bawah permukaan laut di Nunavut, Kanada. Beluga merupakan makhluk sosial dan hidup berkelompok. (Flip Nicklin/Nat Geo Image Collection)

Musk oxen yang tertangkap kamera di Ellesmere Island ini memiliki bulu tebal nan berantakan. (Ronan Donovan/National Geographic)

Serigala Arktika sedang bersantai di Ellesmere Island sementara induk mereka mencari mangsa. (Ronan Donovan/National Geographic)

Di semenanjung Antartika, anjing laut macan tutul sedang berburu. Ia berenang berputar-putar di bawah sekelompok penguin muda, menunggu mereka melompat dari bongkahan es dan masuk ke laut. (Paul Nicklen/Nat Geo Image Colection)

Penguin kaisar meloncat ke gumpalan es terapung di Laut Ross Antartika. Penguin kaisar bergantung pada es laut untuk mencari makan dan berkembang biak. Saat es menyusut, penguin pun kehilangan habitat dan populasinya menurun. (Paul Nicklen/Nat Geo Image Collection)