Kaleng Sup Hingga Nixon, 7 Karya Seni Andy Warhol Paling Kontroversial

By Fikri Muhammad, Selasa, 19 Mei 2020 | 14:20 WIB
Andy Warhol ()

Nationalgeographic.co.id - Warhol adalah seniman cerdas dan tepat waktu, dia juga menangani kontoversi dengan baik sebagai alat untuk mencapai tujuan. Mendapat perhatian adalah hadiah baginya. 

Periode karier Warhol ditandai dengan karya seni yang mengambil provokasi sebagai prioritas. Berikut adalah 7 dari karyanya yang paling kontroversial, dilansir dari halaman ARTnews

Kaleng sup Campbell

Kaleng Sup Campbell's (1962) seperti yang terlihat dalam (ERIK PENDZICH)

Bagi kita yang tidak ada pada saat itu, mustahil untuk mengetahui betapa liar rasanya melihat lukisan kaleng sup Campbell di atas kanvas yang disusun dan diproduksi secara massal di rak-rak toko bahan makanan.

Ini merupakan gerakan paling cerdik dalam seni pada abad ke-20. Karya itu menyentuh sentimen Warhol dan dipelihara untuk seluruh hidupnya.

Kursi elektrik

Kursi Elektrik 1966 (Gianni Dagli Orti)

Warhol terpesona oleh berbagai jenis kegelapan yang meneror dan menakuti kita semua. Daya tarik itu beresonansi pada citra gelisah dari kursi listrik yang duduk penuh harap di ruang kosong.

Bagian dari seri "Kematian dan Bencana" karya Warhol tersebut mengambil gambar dari surat kabar dan majalah, kemudian menempatkannya dalam konteks seni yang aneh: kursi yang ia fokuskan digunakan oleh Julius dan Ethel Rosenberg, yang dieksekusi di penjara New York's Sing setelah dihukum karena memata-matai Amerika untuk Uni Soviet.

Kecelakaan Mobil Silver (Bencana Ganda)

Silver Car Crash (Double Disaster) seperti yang terlihat di Sotheby's di London pada 2013. ()