Survei Ungkap Hampir Semua Karyawan Masuk Kerja Meski Sedang Sakit

By Gita Laras Widyaningrum, Selasa, 19 Mei 2020 | 20:23 WIB
Ilustrasi bekerja di kantor. (Jacob Lund/Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id – Menurut hasil survei global, hampir semua pekerja—termasuk tenaga medis—akan tetap pergi bekerja meski sedang sakit. Lebih dari setengah responden mengatakan mereka akan tetap kerja walalu memiliki gejala penyakit seperti influenza.

Para peneliti dari Australian National University meneliti seberapa banyak tenaga kerja profesional di berbagai sektor yang menularkan penyakit kepada pasien (untuk mereka yang bekerja di bidang kesehatan) dan kolega mereka dengan datang bekerja saat sakit.

Studi yang dipublikasikan pada jurnal PLOS One ini melakukan survei pada para karyawan dari 49 negara. Mereka menemukan fakta bahwa hampir semua pekerja—96,5% pekerja nonkesehatan dan 99,2% tenaga media—datang ke kantor saat mengalami gejala flu seperti sakit tenggorok, demam, bersin-bersin, pilek, batuk ringan, nyeri otot, dan kehilangan nafsu makan.

Baca Juga: Tiga Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melongggarkan Karantina Wilayah Menurut WHO

Survei ini dilakukan antara Oktober 2018 dan Januari 2019. Meski begitu, ia memiliki implikasi terkait bagaimana kita menanggapi presenteeism (tetap bekerja meskipun sakit atau cedera) selama pandemi COVID-19.

“Itu sudah buruk sebelum COVID-19. Sekarang, dengan adanya virus corona, sangat penting untuk tidak pergi ke kantor jika Anda tidak enak badan,” kata Profesor Peter Collignon, wakil pemimpin studi dalam sebuah pernyataan.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa banyak orang tetap bekerja ketika mereka sakit—termasuk para pekerja di garis depan layanan kesehatan. Lebih dari setengah populasi dokter dan perawat di dunia pergi bekerja ketika mereka memiliki gejala seperti flu," paparnya.

Para peneliti mengatakan, budaya institusi, hak cuti yang tidak memadai, serta kekurangan tenaga kerja menjadi alasan mengapa para karyawan merasa mereka tidak bisa mengambil waktu istirahat yang mereka butuhkan saat sakit. Padahal, dengan tidak masuk kantor, mereka mengurangi risiko penularan kepada orang lain.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Simpel Ini Bisa Membantu Kita Cegah Penyakit Mental

Meski survei ini kecil dan memiliki sedikit responden (533 orang), tapi hasilnya sejalan dengan studi lain.

Sebuah studi yang diterbitkan pada American Journal of Infection Control pada 2017 menemukan bahwa lebih dari 40 persen petugas layanan kesehatan tetap bekerja sambil membawa penyakit flu selama musim influenza 2014-2015.

Alasan paling umum adalah mereka merasa masih dapat melakukan tugasnya dan merasa cukup sehat untuk masuk kerja. Sementara itu, bagi para profesional yang bekerja di fasilitas perawatan jangka panjang, alasan paling umum tetap datang bekerja saat sakit adalah karena tidak ingin kehilangan upah.