Lantai Mosaik Romawi Kuno Ditemukan di Bawah Tanaman Merambat

By Fikri Muhammad, Jumat, 29 Mei 2020 | 14:59 WIB
Mosaik itu ditemukan beberapa meter di bawah deretan tanaman merambat. (Comune di Negrar di Valpolicella)

Nationalgeographic.co.id - Lantai mosaik Romawi kuno dalam keadaan hampir sempurna telah ditemukan di dekat kota Verona, Italia Utara.

Para arkeolog tercengang oleh penemuan tersebut karena diyakini berasal dari abad ke-3 Masehi. Ia digali di daerah berbukit di atas kota Negrar di Valpolicella.

Setelah penemuan pada tahun 1922, situs itu sebagian besar ditinggalkan, sampai sebuah tim dari Inspektur Arkeologi, Seni Rupa, dan Lanskap Verona melanjutkan penggaliannya musim panas lalu.

Tim kembali ke situs tersebut pada Oktober dan kembali pada Februari sebelum penggalian dihentikan karena pandemi virus corona.

Baca Juga: Temuan Fosil Terbaru di Amerika Buktikan Kanibalisme Dinosaurus

Mosaik romawi kuno Negrar ()

Baca Juga: Ragam Temuan Permainan Papan Kuno, Bagaimana Cara Memainkannya?

Lantai mosaik tersebut ditemukan beberapa meter di bawah deretan tanaman merambat, seminggu setelah pekerjaan dimulai lagi.

"Setelah upaya gagal yang tak terhitung jumlahnya selama beberapa dekade, bagian dari lantai dan fondasi vila Romawi yang terletak di utara Verona--yang ditemukan oleh para cendekiawan seabad lalu--akhirnya terungkap," tulis otoritas Negrar di Valpolicella pada halaman Facebook kota itu.

Roberto Grison, walikota Negrar di Valpolicella, mengatakan kepada surat kabar lokal L'Arena pada laman Guardian:  “Kami percaya situs budaya ini patut mendapat perhatian dan harus ditingkatkan. Untuk alasan ini, bersama dengan pengawas dan mereka yang bertanggung jawab atas pendanaan agrikultur, kita akan menemukan cara untuk membuat harta ini menyenangkan."