Semasa Hidup, Tjokroaminoto Gemar Memerankan Wayang Orang Hanoman

By Fikri Muhammad, Rabu, 24 Juni 2020 | 18:35 WIB
Hanoman (Cah Ndremis/Paguyuban Wayang Orang Bharata)

 

Nationalgeographic.co.id - Kala bermain pertunjukan wayang orang, H.O.S. Tjokroamitono kerap memerankan tokoh kerah putih Hanoman.

Ia begitu menggemari kera putih itu karena bisa memuntahkan isi jiwanya dalam menghadapi perjuangan bangsa. Hal ini disampaikan oleh Amelz dalam buku H.O.S Tjokroaminoto, Hidup dan Perjuangannya. 

Hanoman merupakan tokoh dari kisah Ramayana yang mengalahkan tentara Damasuka, yang dianalogikan oleh Tjokroaminoto sebagai penjajah. Oleh sebab itu, Hanoman sangat relevan dengan semangat perjuanganya. Selain sebagai penjajah, Damasuka juga diartikan olehnya sebagai kapitalis yang harus dihancurkan.

"Bagi ayah, pertarungan ini merupakan lambang dari perjuangan beliau dan rakyat Indonesia dalam menghancurkan penjajah yang bersifat angkara murka, kapitalistik dan imperialistis itu," tulis Harsono Tjokroaminoto dalam buku Menelusuri Jejak Ayahku.

Baca Juga: Konser Online, Panggung Baru Bagi Para Seniman di Era Pandemi

H.O.S Tjokroaminoto dikenal gemar berkesenian Jawa. Pada 1907 setelah pindah ke Surabaya dan bekerja di firma Kooy & Co, Tjokro terus membawa pertunjukan wayang orang.

Bahkan, ia juga sering membawa anak dan para pelajar yang mondok di rumahnya untuk berlatih kesenian wayang orang. 

H.O.S Tjokroaminoto ()

"Kalau saya tidak salah ingat, ketika saya masih berusia sekitar 5-6 tahun, di Surabaya, ayah bersama-sama para pelajar yang mondok di rumah, secara teratur entah seminggu sekali atau seminggu dua kali, mengadakan latihan tari-tarian wayang bertempat di Taman Seni Panti Harsoyo. Sekarang barangkali taman ini telah berubah menjadi hotel," catat Harsono.

Kecintaanya pada wayang orang memang terbangun cukup lama. Hartono Kasmadi pada Sejarah Kebangkitan Nasional Daerah Jawa Tengah mengatakan bahwa saat Tjokroaminoto selesai menjadi juru tulis patih di Dinas Pamongpraja pada 1905, ia bergabung pada suatu pertunjukan wayang orang. 

Baca Juga: Mengenal Zoroastrianisme, Agama Monoteistik Pertama di Dunia