Pemandangan Menakjubkan Korolev, Kawah Beku di Planet Mars

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 6 Juli 2020 | 12:05 WIB
Kawah Korolev di Mars. (ESA/Björn Schreiner 2018/FU Berlin)

Nationalgeographic.co.id – Dengan video terbaru dari European Space Agency (ESA), kita dapat ‘mengunjungi’ dan melihat lebih dekat Kawah Korolev di Mars.

Gambar yang diambil oleh High-Resolution Stereo Camera (HRSC) yang berada di Mars Express Orbiter telah digabungkan dengan informasi topografi untuk menghasilkan lanskap 3D dari kawah.

Baca Juga: NASA Rilis Timelapse Matahari Hasil Pengamatan Selama Sepuluh Tahun

Ilusi seolah-olah kita terbang di atasnya, didapat dari rekaman lanskap dari berbagai sudut pandang. Dari mana pun Anda melihatnya, Kawah Korolev tampak seperti kolam renang marshmallow raksasa.

Ditemukan di Kutub Utara Mars, Kawah Korolev memiliki lebar 82 kilometer dan terisi oleh 1,8 kilometer air es sepanjang tahun. Hal ini disebabkan oleh tekanan yang bertindak sebagai penjebak dingin alami.

Lapisan udara di atas es didinginkan dan karena udara merupakan penghantar panas yang buruk, ia tidak memindahkan banyak udara panas di atasnya ke reservois es. Akibatnya, lapisan udara yang sejuk, melindungi es agar tidak meleleh.

Baca Juga: Rusia Ajak Turis Lakukan Perjalanan ke Luar Angkasa Pada 2023

Mengitari kawah beku, video memperlihatkan tampilan yang cukup realistis dari salah satu fitur Mars yang mengesankan ini. Nama kawah diambil dari “ayah dari teknologi luar angkasa Rusia”, Sergei Pavlovich Korolev yang berperan penting dalam pengembangan pendahulu roket Soyuz, R-7.

“Sensasi perjalanan” di Kawah Korolev ini tidak akan mungkin berhasil tanpa Mars Express Orbiter. Diluncurkan pada 2003, pesawat luar angkasa ini telah memberikan kita banyak informasi mengenai Planet Merah—termasuk penemuan danau berisi cairan di Kutub Selatan Mars.