Kompetisi Fotografi untuk Umum: Energi Visual untuk Indonesia 2020

By National Geographic Indonesia, Kamis, 9 Juli 2020 | 22:31 WIB
(Widiarso/Kementerian ESDM)

Nationalgeographic.co.id—"Saya berharap semua keindahan alam, emosi tanah, energi tempat hidup dapat difoto," kata Annie Leibovitz. Dia merupakan fotografer kawakan asal Amerika Serikat.

Kehidupan di Bumi dikendalikan oleh energi. Energi menjadi komponen penting bagi kelestarian hidup kita. Hampir semua aktifitas kehidupan manusia sangat tergantung pada energi. Apakah kita pernah membayangkan jika hidup tanpa energi?

Akses energi menjadi hal mendasar untuk memenuhi kebutuhan sosial, mendorong pertumbuhan ekonomi dan memicu pembangunan manusia. Energi berpengaruh pada produktivitas, kesehatan, pendidikan, air bersih, dan layanan komunikasi.

Belakangan ini negera-negera sedang berkembang tengah menyusun strategi untuk mengurangi perubahan iklim. Sementara pada saat yang sama, mereka juga berupaya memenuhi permintaan energi warganya.

Baca Juga: Dadan Pramadi, Eksplorasi Fotografi Kacang di Tengah Pandemi

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu yang ramah peternak di Jeneponto. (Muchtami/Kementerian ESDM)

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan National Geographic Indonesia menghelat kompetisi foto. Seluruh lapisan warga Indonesia, termasuk para jurnalis boleh menjadi pesertanya.

Tujuan perhelatan ini mengobarkan energi Indonesia dengan cara memotret energi yang ada di sekeliling rumah kita. Di samping itu perhelatan ini mampu memberikan informasi dan edukasi yang akurat kepada masyarakat mengenai energi di Indonesia. Tema untuk tahun ini “Energi untuk Indonesia”. Periode pelaksanaan kompetisi ini 1 Juli sampai 31 Agustus 2020. Karya foto yang disertakan dalam lomba ini diambil pada periode 1 September 2019 sampai dengan 30 Agustus 2020.

Kompetisi fotografi ini melibatkan fotografer profesional atau pewarta foto, masyarakat umum, bahkan para netizen. Perhelatan ini merupakan apresiasi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral kepada rekan-rekan pewarta dan masyarakat yang telah mengabarkan kebijakan di sektor energi dan sumber daya mineral melalui media foto.

(Kementerian ESDM/National Geographic Indonesia)

(Kementerian ESDM/National Geographic Indonesia)

Siapa pun yang tak kuasa mengendalikan pemakaian energi, sejatinya ia juga tak kuasa mengendalikan masa depan. Mulailah memotret karena energi pikiran adalah esensi kehidupan. Energi menciptakan roda kehidupan.