Saya Pejalan Bijak: Air Terjun Saluopa Obyek Pariwisata Danau Poso

By Fikri Muhammad, Selasa, 21 Juli 2020 | 15:21 WIB
Air Terjun Saluopa (Ari_Priadi-FT)

Nationalgeographic.co.id - Air terjun Saluopa adalah salah satu sumber mata air di Danau Poso. Air terjun ini terdapat 12 tingkatan yang membentuk kolam kecil sehingga panorama alamnya seperti kembang bunga yang terurai. 

Air terjun Saluopa bisa didaki oleh para pengunjung karena tidak licin, airnya dingin dan jernih karena bersumber dari pegunungan. 

Lokasinya berada di sebelah barat Danau Poso--berjarak 12 kilometer dari sebelah barat Kota Tentena. 

Baca Juga: Uni Emirat Arab Berhasil Luncurkan Misi Pertamanya ke Mars

Air terjun Saluopa ()

Air terjun ini merupakan obyek pariwisata bagi masyarakat di sekitaran Kabupaten Poso. Rizal, pada laman Indonesiakaya.com menyebutkan bahwa air terjun ini memang menjadi destinasi favorit pariwisata di Poso. 

Karena letaknya berada di hutan tropis, pengunjung dapat menikmati keindahan alam hutan tropis saat menuju ke lokasi air terjun.

Baca Juga: Terrario Tangkahan, Vila Nicholas Saputra dan Panorama Surga Gajah

Untuk menjelajahi seluruh air terjun ini, pengunjung juga disediakan tangga batu untuk menikmati tiap sudut air terjun tersebut. 

"Air terjun yang juga memiliki julukan Air Luncur ini terdiri dari dua belas tingkat, dimana di setiap tingkat terdapat kolam kecil yang menampung air dari aliran air terjun yang juga dapat digunakan oleh pengunjung untuk berenang atau sekedar berendam," tulis Rizal di Indonesia Kaya.