Amfibi Seperti Cacing Ini Diduga Memiliki Air Liur yang Berbisa

By Fikri Muhammad, Rabu, 22 Juli 2020 | 15:57 WIB
Caecilian Meksiko (di atas, individu yang disimpan di Kebun Binatang St. Louis di Missouri) adalah salah satu dari 200 spesies amfibi bawah tanah. (Joel Sartore)

Nationalgeographic.co.id - Makhluk seperti cacing bergigi yang disebut sebagai caecilian ini memiliki kulit yang halus dan berkilau mirip seekor cacing.

Namun, para ilmuwan menemukan bahwa hewan tanpa kaki ini mungkin memiliki air liur berbisa—contoh pertama yang ditemukan pada amfibi.

Hampir 200 spesies caecilian bergoyang-goyang di hutan tropis di seluruh dunia, mulai dari russell Idiocranium sepanjang 3,5 inci di Kamerun hingga raksasa sepanjang hampir lima kaki yang dikenal sebagai Caecilia thompsoni di Kolombia.

Sebagian besar hewan tinggal di bawah tanah, itulah sebabnya ”caecilian mungkin merupakan kelompok vertebrata yang paling tidak dikenal,” kata Carlos Jared, seorang ahli biologi evolusi di Institut Butantan di São Paulo di halaman National Geographic.

Baca Juga: Sering Marah? Emosi Negatif Dapat Mengganggu Sistem Kekebalan Tubuh

Beberapa spesies sangat beradaptasi dengan kehidupan di bawah tanah, mereka benar-benar kehilangan mata.

Para ilmuwan telah mengetahui bahwa cecilia memiliki tiga baris gigi berhidung jarum yang mungkin membantunya menangkap dan menelan cacing tanah.

Sebuah spesimen museum dari caecilian raksasa (Caecilia pachynema) mengungkapkan tiga baris giginya. (Alejandro Arteaga)

Ketika melihat caecilian yang ditangkap di Brasil, Jared menemukan satu set kelenjar gigi yang tidak pernah dijelaskan sebelumnya yang menghasilkan air liur dan mungkin enzim berbisa.

Ini berarti bahwa racun dapat berevolusi secara independen di kedua amfibi dan reptil, yang akan mengkonfigurasi ulang apa yang kita ketahui tentang bagaimana racun berevolusi.

Baca Juga: Pencairan Es dan Kelaparan Membuat Beruang Kutub Terancam Punah

Meski begitu, dia mengingatkan, analisis lebih lanjut diperlukan untuk memastikan apakah air liur caecilian benar-benar berbisa.

Ini menjadi misteri menarik dan menimbulkan pertanyaan, mengapa katak dan salamander tidak memiliki air liur berbisa?