Langka, Kura-kura Berwarna Kuning Ditemukan di India

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 24 Juli 2020 | 11:03 WIB
Kura-kura berwana kuning ditemukan di India. (CNN)

Nationalgeographic.co.id – Seorang petani di India Timur telah menemukan kura-kura berwarna kuning yang menurut para ahli disebabkan oleh albinisme.

Basudev Mahapatra menemukan kura-kura ini ketika dia sedang bekerja di ladangnya di desa Sujanpur, distrik Balasore, negara bagian Odisha, India, pada Minggu (19/7). Ia pun memutuskan untuk membawa pulang dan menyerahkannya kepada pihak berwajib.

Baca Juga: Monyet Capuchin Saling Mencolek Hidung untuk Menguji Ikatan Sosial

Siddharta Pati, direktur eksekutif Association for Biodiversity Conservation, lembaga yang berusaha melindungi kehidupan alam liar dan habitanya, mengatakan kepada CNN bahwa ini pertama kalinya ia melihat kura-kura berwarna kuning.

Pati menjelaskan bahwa warna pada hewan tersebut disebabkan oleh albinisme. “Ini adalah kelainan bawaan dan ditandai dengan tidak adanya pigmen tirosin,” paparnya.

“Bisa juga karena mutasi pada urutan gen atau kekurangan tirosin,” imbuhnya.

Kura-kura langka itu kini telah dilepaskan kembali ke alam liar Balasore.

Baca Juga: Pencairan Es dan Kelaparan Membuat Beruang Kutub Terancam Punah

Spesies tersebut dikenal sebagai kura-kura flapshell India. Yang baru ditemukan ini merupakan spesies dewasa, diperkirakan berusia antara satu dan dua tahun.

“Kami kerap menemukan kura-kura dan kepiting. Kami menyelamatkan dan melepaskan kembali ke alam liar. Namun, ini pertama kalinya ada kura-kura albino di Odisha,” pungkasnya.