Bahaya Olahraga Secara Berlebihan, Ini yang Bisa Terjadi Pada Tubuh

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 27 Juli 2020 | 18:13 WIB
Ilustrasi lelah setelah berolahraga. (Revasi.com)

Nationalgeographic.co.id – Berolahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Namun, jika dilakukan secara berlebihan juga tidak baik. Berikut yang akan terjadi pada tubuh apabila terlalu memforsir olahraga.

Membuat badan lelah, tidak berenergi

Tentu saja Anda akan merasa capek sesaat setelah olahraga. Namun, jika Anda mulai merasa lelah sepanjang hari dan sulit bergerak, itu bisa menjadi dampak dari olahraga berlebihan.

Kemudian, selain merasa seperti zombie, Anda juga sulit tidur di malam hari. Pada akhirnya, Anda memiliki perasaan lelah terus menerus, seolah-olah itu terprogram di tubuh Anda.

Baca Juga: Sering Marah? Emosi Negatif Dapat Mengganggu Sistem Kekebalan Tubuh

Tidak mengalami kemajuan

Untuk beberapa waktu, aktivitas fisik yang Anda lakukan terus berkembang. Namun, saat ini, semuanya berhenti dan semakin buruk. Jika begitu kasusnya, ada kemungkinan Anda terlalu memaksakan diri dan tidak memberikan istirahat saat sesi olahraga.

Percaya atau tidak, tubuh justru menjadi lebih kuat selama masa pemulihan. Jika Anda berolahraga secara berlebihan dan tidak memberikan waktu baginya untuk berhenti sejenak, kebiasaan itu justru membuat tubuh semakin lemah.

Depresi dan mudah marah

Olahraga seharusnya memberikan Anda lonjakan hormon baik endorfin, bukan? Namun, saat olahraga terlalu sering, tubuh Anda akan kelelahan dan tidak mendapat tidur yang cukup. Itu akan memengaruhi mental dan membuat Anda jadi mudah marah.

Jika mulai merasakan hal tersebut, tanyakan pada diri sendiri apa ada yang salah dengan pola olahraga Anda.

Baca Juga: Lima Cara Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Tengah Kenormalan Baru