ITS Gelar Wisuda Ke-121 Menggunakan Minecraft Education Edition

By Fikri Muhammad, Senin, 3 Agustus 2020 | 14:07 WIB
Wisuda ITS Memakai Minecraft ()

Nationalgeographic.co.id - Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) telah menggelar wisuda ke-121 pada Minggu (2/8/2020). Namun, tak seperti wisuda daring universitas lain, ITS memberikan kejutan dengan prosesi virtual yang dirancang menggunakan game Minecraft yang populer dengan susunan balok bertema survival.

ITS sendiri memang telah berlangganan Minecraft Education Edition dan bangunannya disesuaikan sedemikian rupa.

Hadziq Fabroyir, dosen Departemen Teknik Informatika, tertarik menyelenggarakan wisuda dengan tema ini karena menyukai permainan Minecraft. Bersama 14 orang lainnya, ia pun berinisiatif membuat bangunan virtual khusus.

Baca Juga: Jarang Terjadi, Peneliti Temukan Dua Meteorit dalam Waktu Dua Minggu

Meski minim referensi terkait bentuk gedung secara detail dan tidak memungkinkan untuk berkunjung selama pandemi, tapi konstruksi graha Minecraft masih dapat dilakukan.

"Akhirnya kami merangkai konstruksi graha di Minecraft berdasarkan gambar-gambar yang kami kumpulkan di internet," ucap Hadziq di laman ITS (02/08/2020).

Wisuda ITS Minecraft ()

Pengoperasian wisuda Minecraft ini dilakukan secara langsung. Komunikasi antarpemain yang bergabung di proses wisuda Minecraft ITS dilakukan melalui Discord.

Sementara itu, Zoom digunakan untuk menerima video feed dari OBS Virtual Camera yang di transmisikan dari server Minecraft ITS.

Baca Juga: Anjing Dapat Mendeteksi Virus Corona dengan Akurasi Menakjubkan

Proses wisuda daring dihadiri 570 mahasiswa dari Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, Kebumian (FTSPK), Fakultas Teknik Kelautan (FTK), dan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD). 

Acara ini juga dihadiri oleh para pimpinan ITS secara luring di Gedung Research Center ITS dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.