Mengejutkan, Peneliti Temukan Hiu Tanpa Kulit dan Gigi

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 27 Agustus 2020 | 16:09 WIB
Hiu catshark ditemukan tanpa kulit. (Antonello Mulas/University of Cagliari)

Nationalgeographic.co.id – Untuk pertama kalinya, para peneliti menemukan hiu yang tidak memilki kulit di Pulau Sardinia.

Studi yang dilakukan pada anatominya—dipublikasikan pada jurnal Fish Biology—mengungkapkan bahwa ikan ini tidak memiliki struktur yang terkait dengan kulit kelompok hiu elasmobranch.

Dilansir dari IFL Science, ia diyakini sebagai satu-satunya makhluk yang mengalami kondisi tersebut yang ditemukan berenang bebas di lautan.

Baca Juga: Ada 14 Lumba-lumba Mati Terdampar Setelah Tumpahan Minyak di Mauritius

Bagi hiu elasmobranch, kulit memainkan peran penting sebagai zat kimiawi dan pertahanan mekanis. Organ tubuh itu mengeluarkan lendir yang merupakan garis pertama dari sistem kekebalan, mencegah mikrob membentuk koloni di permukannya. Ini karena kulit mengandung protein antibakteri.

Terbuat dari beberapa dentikel—struktur seperti gigi yang saling tumpang tindih—kulit juga menjadi penghalang mekanis yang kuat bagi predator dan ektoparasit tertentu.

Blackmouth catshark memiliki kulit dengan tanda hitam. (Pierluigi Angioi/Wikipedia)

Tanpa lapisan kulit, hiu ini tidak memiliki tanda seperti yang terlihat pada blackbout catshark lainnya. (Antonello Mulas/University of Cagliari)

Namun sayangnya, blackmouth catshark (Galeus melastomus), tidak memiliki alat pelindung tersebut. Studi mengungkapkan bahwa terdapat kekurangan yang parah dari semua struktur yang berhubungan dengan kulit: epidermis, bagian dari dermis, dentikel dermal, dan gigi, pada hewan tersebut.

Hiu ini tertangkap pukat pada Juli 2019, di kedalaman 500 meter perairan Sardinia. Mengingat pentingnya kulit bagi kelangsungan hidup hiu, para peneliti mengungkapkan bahwa kondisinya berpotensi fatal. Namun, saat ditemukan, ia tampak berkembang dengan baik dan dalam keadaan sehat.

Hiu tanpa gigi. (Antonello Mulas/University of Cagliari)

Untuk makan, catshark cukup beruntung karena ia tidak perlu gigi untuk memakan mangsanya.