Lagi, Penemuan Sarkofagus yang Terkubur Selama 2.500 Tahun di Mesir

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 21 September 2020 | 18:39 WIB
Sarkofagus yang ditemukan. (Kementerian Kepurbakalaan Mesir)

Nationalgeographic.co.id – Kementerian Purbakala Mesir mengumumkan penemuan 14 sarkofagus di pemakaman Saqqara, Kairo, yang telah terkubur selama 2.500 tahun.

Dilansir dari Science Alert, penemuan terbaru ini menambah jumlah peti mati kuno yang terungkap di sana. Pada pekan lalu, ada 13 sarkofagus yang lebih dulu ditemukan.

Baca Juga: Jejak Kaki Manusia Berusia 120 Ribu Tahun Ditemukan di Arab Saudi

Situs pemakaman Saqqara terletak 16 kilometer (10 mil) di selatan piramida Giza. Ia merupakan bagian dari kota kuno Memphis, situs Warisan Dunia UNESCO dan tuan rumah Pyramid of Djoser.

Foto-foto peti mati kayu yang terawetkan dengan baik tersebut menampilkan lukisan yang rumit dan berornamen, dengan garis merah marun dan biru, serta gambar hieroglif.

(Kementerian Purbakala Mesir)

Kementerian Purbakala Mesir mengatakan, mereka sudah merencanakan penggalian lebih lanjut dan lebih banyak—dengan harapan bahwa sarkofagus lainnya akan terungkap di situs tersebut.

Dalam sebuah video, Menteri Pariwisata dan Purbakala Mesir, Khaled al-Anani, mengungkapkan bahwa penemuan di Saqqara ini “barulah permulaan”.

Baca Juga: Kapal Berusia 400 Tahun Ditemukan di Laut Baltik dalam Keadaan Hampir Utuh

Mesir telah berusaha untuk mempromosikan penemuan arkeologi mereka dalam upaya menghidupkan kembali sektor pariwisata yang terpukul akibat pembatasan perjalanan karena pandemi COVID-19.

Mesir juga berencana untuk mengungkap proyek utama Grad Egyptian Museum dalam beberapa bulan mendatang.