Mengunjungi Singa Laut yang Bersahabat dan Tak Takut Berinteraksi dengan Manusia

By , Senin, 30 April 2018 | 16:00 WIB

Jacques Cousteau, penjelajah asal Prancis, pernah menyebut Teluk California sebagai ‘Akuarium Dunia’. Dan rasanya itu sangat tepat.

Kami datang ke Baja California dengan satu tujuan: untuk berenang bersama dengan ikan terbesar di dunia, hiu paus yang terancam punah.

Setelah berhasil mendapatkan pengalaman itu di hari pertama, kami pergi untuk mendengarkan suaranya di laut, mengeksplor terumbu karang Cabo Pulmo yang telah dipulihkan, hingga akhirnya memiliki momen spesial dengan singa laut yang punya rasa ingin tahu tinggi.  

Bagi beberapa pengunjung, singa laut merupakan atraksi utama. Sebuah koloni singa laut yang sehat, tinggal di Los Islotes -- sekitar satu jam berkendara dengan boat dari ibu kota Baja California Sur, La Paz.

(Baca juga: Menelusuri Pembuatan Mumi di Papua Nugini)

Singa laut merupakan hewan yang memiliki sifat lembut dan ingin tahu, terutama mereka yang masih remaja. Pemandu kami, Alan, menyebut mereka sebagai “anjing-anjing laut” dengan penuh cinta. Paus Orca dan predator lainnya jarang berada di area tersebut sehingga singa laut menjadi lebih bersahabat karena merasa tidak ada ancaman.

“Singa laut adalah hewan yang sangat ingin tahu dan suka bermain,” ujar Kayleigh Jones, mahasiswa Ph.D yang telah mempelajari singa laut dan perilakunya di Pulau Falkland.

“Karena tidak punya tangan, mereka harus menggunakan mulutnya untuk menyelidiki sesuatu. Singa laut mungkin akan menggigit sirip dan peralatan menyelam lainnya karena mereka ingin tahu dan bermain dengan benda asing,” jelas Kayleigh.

Keamanan yang utama

Hewan-hewan lucu ini benar-benar menciptakan pengalaman menyenangkan dan tak terlupakan dengan pengunjung. Meskipun begitu, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat berinteraksi dengan singa laut.

Anda tidak boleh mengejar atau menangkap mereka. Namun, jika singa laut yang mendatangi Anda, tetaplah tenang. Bisa dipastikan Anda akan merasakan pengalaman yang menakjubkan.

Para pengunjung juga harus selalu berhati-hati saat berinteraksi. Lakukan beberapa tes sebelum bergabung dengan perjalanan yang melibatkan satwa liar.

Masa depan yang lebih cerah