Mammoth Berbulu Terakhir Terisolasi Di Pulau Wrangler Samudra Arktik

By Silvia Triyanti Luis, Sabtu, 20 Februari 2021 | 12:00 WIB
Mammoth (Zika Zakiya)

Nationalgeographic.co.id—Ribuan tahun yang lalu bumi dihuni oleh banyak hewan purba yang berukuran sangat besar. Kehidupan hewan purba yang sudah punah menyimpan berbagai macam cerita dibaliknya. Mammoth berbulu, salah satu mamalia besar di bumi hidup di jaman itu.

Mammoth sudah lama dikabarkan punah, namun cerita mengenai kepunahan hewan ini masih  banyak yang perlu diteliti lebih lanjut lagi. Salah satu penelitian yang membahas mengenai kepunahan mammoth adalah gabungan tim ilmuwan internasional dari Universities of Helsinki and Tubingeh serta The Russian Academy of Sciences. Pada penelitian yang dilakukan oleh tim gabungan ini, mereka mencoba merekonstruksi skenario kepunahan mammoth.

Mammoth berbulu punah sekitar 4000 tahun yang lalu hal ini diungkapkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh tim gabungan tersebut. Analisis yang dilakukan didasarkan pada tentang gigi dan tulang dari fosil yang ditemukan. Menurut penelitian tersebut mammoth berbulu terakhir hidup di pulau Wrangler di Samudra Arktik.