22 Februari: Baden Powell Lahir, Hari Pramuka Internasional Dirayakan

By Utomo Priyambodo, Selasa, 23 Februari 2021 | 11:00 WIB
Baden Powell adalah orang dibalik gerakan kepanduan internasional. (kompas.com)

Nationalgeographic.co.id—Hari ini, 164 tahun lalu, lahir seorang anak laki-laki yang diberi nama lengkap Robert Stephenson Smyth Baden-Powell. Lelaki kelahiran Paddington, London, pada 22 Februari 1857 itu kelak akan dikenal sebagai Bapak Pramuka Dunia. Kegiatan kepanduan atau kepramukaan ini tak lepas dari Riwayat masa kecilnya yang suka berpetualang.

Dikutip dari laman resmi Scout, Baden Powell adalah anak ke-8 dari 10 bersaudara. Ayahnya bernama Baden adalah profesor di Oxford University, sedangkan ibunya memiliki nama Henrietta Powell.

Ayah Baden Powell meninggal ketika ia masih berusia tiga tahun sehingga keluarganya harus menghadapi kehidupan yang lebih sulit. Baden Powell pertama kali mendapatkan pendidikan dari ibunya sebelum akhirnya mengenyam pendidikan di Rose Hill School.

Dari Rose Hill School ia kemudian mendapatkan beasiswa ke Charterhouse School. Baden Powell selalu ingin mempelajari keahlian baru. Selama berada di Charterhouse, dia mengeksploitasi minatnya dalam seni kepanduan dan kerajinan kayu.

Baca Juga: Label Bimbingan Orang Tua: Keprihatinan Ibu pada Gaya Musik Rok

Baden Powell biasa pergi bersembunyi dari guru-gurunya dengan pergi hutan di sekitar sekolah untuk berpetualang dan berburu kelinci untuk dimasak. Ketika memasak, dia berhati-hati supaya keberadaannya tidak diketahui melalui asap masakannya.