Hujan Es di Yogyakarta, Penyebabnya, dan Bedanya dengan Hujan Salju

By Utomo Priyambodo, Kamis, 4 Maret 2021 | 13:00 WIB
Hujan es di Yogyakarta. ()

Nationalgeographic.co.id—Fenomena hujan es yang turun pada Rabu (3/3/2021) siang menghebohkan warga Danurejan dan wilayah sekitarnya di Yogyakarta. Saat bongkahan-bongkahan es menghujani rumah warga, sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta ini sedang dilanda hujan lebat yang disertai angin kencang.

Bagaimana hujan es ini bisa terjadi di Yogyakarta? Apa penyebabnya?

Kepala Stasiun Klimatologi Sleman, Reny Kraningtyas, dalam siaran persnya menjelaskan hujan es ini bersifat sangat lokal dengan radius sekitar 2 kilometer. Hujan es ini terjadi sebagai dampak pertumbuhan awan cumulonimbus (Cb). "Hujan es adalah fenomena alam biasa dan biasanya terjadi bersamaan saat hujan lebat," kata Reny.

Reny memaparkan saat udara hangat, lembab, dan labil terbentuk di permukaan bumi, pengaruh pemanasan bumi yang intens akibat radiasi matahari akan mengangkat massa udara tersebut ke atmosfer. Selanjutnya, sampai di atmosfer, massa udara itu akan mengalami pendinginan.

Setelah terjadi kondensasi, akan terbentuk titik-titik air yang terlihat sebagai awan cumulonimbus. Karena kuatnya energi dorongan ke atas, puncak awan kemudian tumbuh menjadi sangat tinggi hingga mencapai freezing level atau tingkat pembekuannya.

Baca Juga: Menyingkap Waktu Tsunami Aceh dari Catatan Alam di Gua Euk Leuntie

Freezing level ini selanjutnya menyebabkan terbentuknya kristal-kristal es dengan ukuran yang cukup besar. Saat awan sudah matang dan tidak mampu menahan berat uap air, maka hujan lebat pun akan turun disertai bongkahan-bongkahan es. Es yang turun ini bergesekan dengan udara, sehingga mencair dan saat sampai ke permukaan tanah ukuran bongkahan es tersebut akan jadi lebih kecil.

"Ke depan potensi hujan es masih akan terjadi hingga berakhirnya masa pancaroba pada April mendatang," ujar Reny mewanti-wanti.

Hujan es ini berbeda dengan hujan salju yang ada di negara-negara empat musim. Apa saja perbedaannya?