Alat Ini Dapat Mengenali Penyakit Jantung Kita dari Kejauhan

By Afkar Aristoteles Mukhaer, Kamis, 11 Maret 2021 | 19:00 WIB
Uji coba yang dilakukan para peneliti University of Washington pada teknologi pengeras suara pintarnya yang dapat mengidentifikasi detak jantung pasien. (Mark Stone/University of Washington)

Nationalgeographic.co.id - Pernahkah Anda berpikir, bila pengeras suara atau speaker Anda dapat membantu permasalahan kesehatan Anda? Sebelumnya, para ilmuwan dari University of Washington menguji pengeras suara Amazon Echo dan Google Home.

Ternyata, kedua pengeras suara pintar itu memiliki kemampuan untuk mendeteksi serang jantung atau memantau pernapasan. Mereka mempublikasikannya di The American Journal of Cardiology (Vol. 123 April 2019).

Pada pengembangan selanjutnya, para ilmuwan mencoba untuk mengarahkan kemampuannya pada hal yang lebih kompleks: memantau detak jantung seseorang tanpa perlu menyentuhnya.

Temuan terbaru ini dipublikasikan di Communication Biology, Selasa (09/03) oleh Anrang Wang dan tim.

Mereka menulis mengenai pengeras suara pintar itu memiliki sistem yang mengirimkan suara yang tidak terdengar ke sebuah ruangan. Kemudian, suara itu memantul kembali ke pengeras suara, sehingga sistem dapat memantau detak jantung.

Baca Juga: Hipotesa Simulasi, dari Filsafat hingga Teknologi Algoritma Fisika

Jantung dan pembuluh darah. (Thinkstock)