Kisah Suster Ann Nu Thawng, Berlutut agar Demonstran Tak Ditembaki

By Utomo Priyambodo, Rabu, 10 Maret 2021 | 14:00 WIB
Suster Ann Nu Thawng memohon sambil berlutut supaya demonstran tidak ditembaki. (Twitter @CardinalMaungBo)

Nationalgeographic.co.id—Foto Suster Ann Nu Thawng yang sedang berlutut di depan barisan polisi di Myanmar viral di Twitter. Foto tersebut dibagikan oleh Uskup Agung Katolik Roma di Yangon, Myanmar, Kardinal Charles Maung Bo, melalui akun Twitter-nya.

Maung Bo mengunggah sejumlah foto mengenai kejadian tersebut di akun Twitter-nya pada Minggu (28/2/2021). Dalam foto-foto tersebut tampak Suster Ann sedang menangis dan berlutut dengan mengenakan kerudung hitam dan jubah abu-abu. Sambil menangis dan berlutut, suster Ann Nu Thawng rupanya memohon kepada polisi untuk berhenti menangkap para pengunjuk rasa.

Berkat aksi Ann Nu Thawng tersebut, Maung Bo mengatakan, sekitar 100 pengunjuk rasa tidak jadi ditangkap polisi. “Hari ini (Minggu), kerusuhan parah melanda seluruh negeri. Polisi menangkap, memukuli, dan bahkan menembaki rakyat,” tulis Maung Bo.

“Dengan berurai air mata, suster Ann Nu Thawng memohon dan menghentikan polisi untuk berhenti menangkap para pengunjuk rasa,” imbuh Maung Bo.

Baca Juga: Ride for Equality, Bersepeda Menyambut Hari Perempuan Sedunia

Kompas.com memberitakan, hari Minggu tersebut dianggap sebagai hari paling berdarah dalam serentetan aksi protes menentang kudeta militer 1 Februari yang menggulingkan pemimpin de facto Aung San Suu Kyi. Kantor Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melaporkan, sedikitnya 18 orang tewas dan 30 lainnya terluka dalam aksi demonstrasi di Myanmar pada Minggu.

Demostrasi tak hanya berlangsung pada hari Minggu itu, tapi selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu sejak kudeta militer berlangsung di Myanmar pada 1 Februari lalu. Dan bukan hanya pada hari Minggu itu Suster Ann berberlutut untuk melindungi para demostran.

Mengenakan jubah putih dan kerudung gelap, Suster Ann Roza Nu Tawng kembali berlutut pada Senin (8/3/2021) pagi waktu setempat. Dalam gambar yang dirilis Myitkyina News Journal, Suster Ann berlutut di dekat katedral, sedangkan biarawati-biarawati senior lain melihatnya.

Suster Ann Nu Thawng memohon sambil berlutut supaya demonstran tidak ditembaki. (@CardinalMaungBo/Twitter)

Baca Juga: Catatan-catatan Awal Para Pejalan Perempuan Indonesia. Siapa Mereka?

Kepada Sky News, Suster Ann menuturkan hanya ingin aparat Myanmar tak memukuli, menyiksa, dan menahan demonstran. "Karena para pengunjuk rasa ini tidak melakukan hal yang jahat, mereka hanya meneriakkan slogan," kata dia.

Saat itu, salah satu polisi menjawab untuk meminta Suster Ann menjauh karena mereka harus melaksanakan tugasnya. "Saya menjawab, 'Tidak. Jika kalian ingin melakukannya, kalian harus melewati saya dahulu'," tegas Suster Ann.