Mengunjungi Bangunan Zionis yang Jadi Markas Power Rangers Lewat GMaps

By Utomo Priyambodo, Selasa, 16 Maret 2021 | 12:00 WIB
House of the Book yang pernah jadi markas Power Rangers. (Google Street View/Google Maps)

Nationalgeographic.co.id—Pernah nonton serial televisi Mighty Morphin Power Rangers? Serial tersebut menceritakan tentang lima pahlawan super yang membasmi kejahatan di bumi. Dalam kesehariannya, kelima superhero tersebut kerap menyambangi markas mereka yang disebut Command Center.

Bentuk Command Center ini adalah berupa gedung megah yang terletak di gurun atau padang pasir. Banyak yang mengira markas Power Rangers ini hanyalah sebuah bangunan yang semata-mata dibangun dan digunakan untuk kepentingan produksi serial TV ini. Hal ini tak lain karena gedung tersebut memiliki tampilan dan desain yang unik.

Namun, siapa sangka bangunan tersebut ternyata asli, bukan dibangun untuk semata keperluan syuting. Dan yang paling menarik, sebagainana dilansir Kompas.com yang mengutip WKDQ, kini bangunan itu bisa dikunjungi secara virtual melalui Google Maps.

Di dunia nyata, Command Center milik Power Rangers ini bernama "House of the Book" yang berada di American Jewish University of Los Angeles, California, Amerika Serikat. Bangunan tersebut merupakan perpustakaan dan gedung pertemuan kampus yang dibangun pada 1973, sekitar 20 tahun sebelum serial TV Power Rangers mengudara. Arsitek yang merancangnya adalah Sidney Eisenshtat.

Baca Juga: Rumah Letnan Arab dan Kampong Arab di dalam Kampong Cina Ternate

Foto House of the Book (kiri) dan markas Power Rangers (kanan) yang ternyata merupakan bangunan yang sama. (GoogleMaps, YouTube/PowerRangersOfficial)