Pertama Kalinya, Ilmuwan Temukan Fosil Telur Berisi Bayi Dinosaurus

By Utomo Priyambodo, Rabu, 17 Maret 2021 | 17:00 WIB
Ilustrasi telur dinosaurus (junce/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id—Untuk pertama kalinya di dunia, para ilmuwan menemukan fosil telur-telur yang masih berisi bayi-bayi dinosaurus. Penemuan besar itu terjadi di Kota Ganzhou, Provinsi Jiangxi, bagian selatan Tiongkok.

Bayi-bayi dinosaurus tersebut berjenis oviraptorosaurus (oviraptor). Mereka termasuk dalam kelompok dinosaurus theropoda mirip burung yang banyak hidup selama Zaman Kapur Akhir (145 hingga 66 juta tahun lalu).

Selain telur-telur berisi bayi-bayi oviraptorosaurus, ditemukan juga fosil seekor oviraptorosaurus dewasa di situs Tiongkok tersebut. Fosil oviraptorosaurus dewasa dan telur-telur dengan embrio oviraptorosaurus itu sama-sama berumur sekitar 70 juta tahun.

“Dinosaurus yang terawetkan di sarang mereka jarang terjadi, begitu pula dengan embrio yang menjadi fosil. Ini adalah pertama kalinya dinosaurus non-unggas ditemukan duduk di sarang berisi telur-telur, sehingga mengawetkan embrio-embrio tersebut dalam satu spesimen yang spektakuler," ujar Dr. Shundong Bi yang menjadi penulis utama laporan studi hasil penemuan tersebut, sebagaimana diberitakan Ancient Origins.

Bi merupakan peneliti biologi yang terafiliasi dengan Center for Vertebrate Evolutionary Biology, Institute of Palaeontology, Yunnan University, China, dan Department of Biology, Indiana University of Pennsylvania, Amerika Serikat.

Meskipun ada beberapa contoh fosil oviraptor dewasa lain yang ditemukan di sarang mereka dengan telur-telurnya, ini adalah pertama kalinya para ilmuwan menemukan embrio di dalam telur yang telah menjadi fosil.

Baca Juga: 15 Telur Dinosaurus dari Periode Cretaceous Ditemukan di Tiongkok

Fosil dinosaurus dan telur-telurnya yang masih berisi embrio berusia 70 juta tahun. (Shundong Bi, Indiana University of Pennsylvania)