Pemandangan Indah di Planet Mars: Kawah Beku hingga Gunung Api Raksasa

By Utomo Priyambodo, Senin, 22 Maret 2021 | 20:26 WIB
Kawah Korolev di Mars. (ESA/Björn Schreiner 2018/FU Berlin)

Nationalgeographic.co.idPlanet Mars digadang-gadang akan menjadi tempat wisata luar angkasa di masa depan. Mars kerap juga disebut sebagai planet yang sangat kontras. Ada gunung-gunung berapi besar, ngarai-ngarai yang dalam, dan kawah-kawah yang mungkin menampung air ataupun tidak di sana.

Mars tampaknya akan menjadi lokasi yang luar biasa untuk dijelajahi oleh para wisatawan di masa depan, jika nantinya manusia benar-benar bisa menginjakkan kaki di sana dan akhirnya mengkolonisasi Planet Merah tersebut. Berikut ini tiga dari banyak lokasi di Mars yang memiliki pemandangan indah yang potensial menjadi destinasi wisata masa depan.

1. Kawah Beku Korolev

Ditemukan di Kutub Utara Mars, Kawah Korolev memiliki lebar 82 kilometer dan terisi oleh 1,8 kilometer air es sepanjang tahun. Hal ini disebabkan oleh tekanan yang bertindak sebagai penjebak dingin alami.

Lapisan udara di atas es ini terdinginkan dan karena udara merupakan penghantar panas yang buruk, ia tidak memindahkan banyak udara panas di atasnya ke reservois es. Akibatnya, lapisan udara yang sejuk, melindungi es agar tidak meleleh.

Kawah Korolev di Mars yang dipenuhi Mars. (Mars Express/ESA)

Nama kawah ini diambil dari “bapak teknologi luar angkasa Rusia”, Sergei Pavlovich Korolev yang berperan penting dalam pengembangan pendahulu roket Soyuz, R-7. Sergei Pavlovich Korolev adalah insinyur roket dan perancang pesawat luar angkasa Soviet yang terkenal selama Perlombaan Luar Angkasa antara Amerika Serikat dan Uni Soviet antara tahun 1950-an dan 1960-an.

Selain berkat roket Soyuz, penemuan Kawah Korolev ini bisa terjadi juga berkat robot pengorbit Mars Express. “Sensasi perjalanan” di Kawah Korolev ini tidak akan mungkin terekam dengan indah tanpa bantuan Mars Express Orbiter tersebut.

Baca Juga: Terdeteksi di Mars: Reaksi Kimia yang Menghadirkan Misteri Baru