Memuja Kecantikan Alam Raya Sembari Menjaga Keseimbangan Semesta

By Silvia Triyanti Luis, Kamis, 25 Maret 2021 | 20:37 WIB
Sejumlah remaja putri menyusuri bukit pasir di kaki Gunung Bromo. (Budi Sugiharto/Fotokita.net)

Nationalgeographic.co.id—Hutan merupakan salah satu aspek penting di Bumi kita karena keberadaanya mencakup sepertiga dari daratan. Hutan menyediakan berbagai sumber bagi kelangsungan hidup semua mahluk hidup. Faktanya, hutan menjadi penyedia air, sumber oksigen serta mencegah timbulnya pemanasan global.

Seiring berjalannya waktu, banyak permasalahan yang timbul dan akhirnya menyeret hutan menjadi korban dari sisi gelap perilaku manusia. Penebangan pohon dalam skala besar, kebakaran hutan, perkebunan sawit, permukiman dan masih banyak lagi.

Salah satu cara yang dapat kita upayakan untuk menjaga kelestarian hutan adalah dengan melakukan penanaman pohon. Jumlah pohon yang semakin banyak akan memberikan kehidupan.

“Kalau pohonnya makin banyak, makin bagus, karena akan membuat iklim mikro sendiri yang dibutuhkan oleh manusia dan juga binatang,” ujar Agus Budi Kepala Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Bromo.

Baca Juga: Terinspirasi dari Alam, Citra Lakukan Penanaman Bibit Pohon Melalui gerakan #LestarikanCantikIndonesia

Suasana Kampung Ngadisari, merupakan masyarakat Tengger. (Dwi Oblo/National Geographic Indonesia)

Penanaman pohon adalah salah satu dari tindakan kecil yang jarang kita anggap penting. Padahal, tindakan kecil ini dapat memberikan sebuah perubahan besar.

Dalam upaya melestarikan kecantikan alam raya Indonesia, National Geographic Indonesia, Citra dan Unilever bersama Forum Sahabat Gunung, Komunitas Peduli Lingkungan Ranupani dan komunitas lain mengadakan kegiatan penanaman pohon.

Untung, anggota Humas Forum Sahabat Gunung, turut menyuarakan kelestarian lingkungan. Tampak ia berjalan di kaldera sekitar Gunung Bromo untuk menentukan titik penanaman pohon. (Satya Sultanuddin )

Aktivitas ini berlokasi di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pada Senin, 8 Maret 2021. Kegiatan ini diikuti kurang lebih tujuh komunitas pecinta alam.  

Menurut Mohammad Anshori kepala bidang humas Forum Sahabat Gunung,  selain penanaman pohon, ada beberapa hal kecil lain yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya yaitu dengan membawa kembali sampah tanpa membuangnya ke alam.