Idap Haemolacria, Seorang Perempuan Menangis Darah Selama Menstruasi

By Utomo Priyambodo, Senin, 29 Maret 2021 | 08:51 WIB
Mengidap kondisi haemolacria yang langka, seorang perempuan menangis darah saat menstruasi. (BMJ Case Reports)

Nationalgeographic.co.id— Kondisi menstruasi memang menyakitkan bagi banyak perempuan. Tak jarang, siklus menstruasi bisa membuat perempuan menangis.

Siklus menstruasi yang membuat perempuan muda berlinang air mata mungkin adalah hal yang biasa. Namun kejadian yang dialami seorang perempuan muda yang tercatat dalam sebuah laporan medis di jurnal BMJ Case Reports pada Maret 2021 ini adalah hal yang benar-benar langka dan tidak biasa. Perempuan berusia 25 tahun ini dilaporkan menangis darah selama mengalami menstruasi.

Ketika perempuan muda itu mengunjungi ruang gawat darurat dengan air mata yang berdarah mengalirt keluar dari kedua matanya, itu adalah episode keduanya dalam dua bulan terakhir, kata tim dokter yang melaporkan kasus medis itu ke dalam jurnal kedokteran tersebut. Air mata darah adalah kondisi langka yang dikenal sebagai haemolacria.

Kondisi haemolacria ini dapat dipicu oleh penyebab-penyebab yang berbeda. Dalam kasus perempuan muda ini, kondisi matanya normal dan dia tidak merasakan sakit atau terluka saat air darah keluar dari matanya. Yang menarik, kedua kejadian air mata berdarah itu ia alami bertepatan dengan masa permulaan menstruasinya, tulis tim dokter dalam laporan kasus tersebut sebagaimana dilansir Live Science.

Baca Juga: Ada Pertanda Buruk di Balik Warna Oranye Langit Kota Beijing