Spesies Baru Dinosaurus di Argentina Diberi Nama 'Penyebab Ketakutan'

By Utomo Priyambodo, Rabu, 31 Maret 2021 | 21:00 WIB
Ilustrasi spesies baru dinosaurus Llukalkan aliocranianus yang hidup di Patagonia, Argentina. ( Jorge Blanco and Journal of Vertebrate Paleontology)

Nationalgeographic.co.idFosil dinosaurus yang ditemukan di daerah Patgonia di Argentina ternyata merupakan spesies baru. Spesies dinosaurus yang baru ditemukan itu kemungkinan memiliki tubuh sepanjang gajah dan dilengkapi dengan gigitan yang sangat kuat, gigi-gig yang sangat tajam, dan cakar besar di kakinya, kata para peneliti yang mempelajari fosil tersebut.

Di sebuah dareah di dataran Patagonia yang kering di Argentina, para ilmuwan menemukan fosil dinosaurus berusia 80 juta tahun itu. Fosil sisa-sisa bagian tubuh dinosaurus yang ditemukan tersebut mencakup juga sisa tengkorak dan beberapa bagian tubuh lainnya. Dinosaurus itu diperkirakan dapat mencapai panjang hingga 5 meter.

Para peneliti menamai dinosarus yang mirip T-Rex tersebut sebagai Llukalkan aliocranianus. "Llukalkan" berarti "penyebab ketakutan" dalam bahasa penduduk asli Mapuche di daerah tersebut, sedangkan "aliocranianus" adalah bahasa Latin untuk "tengkorak yang berbeda".

 

Llukalkan adalah salah satu dari hampir 20 spesies predator raksasa yang dikenal sebagai abelisaurid. Dengan kaki yang kuat dan lengan yang gemuk, abelisaurid menyerupai tyrannosaurus atau T-Rex.

Namun spesies yang baru ditemukan ini memiliki tengkorak yang sangat pendek dan dalam. Hewan yang memiliki bentuk tengkorak seperti ini sering kali memiliki jambul, gundukan, atau tanduk seperti beberapa reptil modern, misalnya kadal monster gila atau beberapa iguana.

Baca Juga: Pertama Kalinya, Ilmuwan Temukan Fosil Telur Berisi Bayi Dinosaurus

Rekonstruksi tengkorak Llukalkan aliocranianus, spesies baru dinosaurus di Patagonia Argentina. (Journal of Vertebrate Paleontology)

Perbedaan lainnya, semasa hidupnya tyrannosaurus menguasai Belahan Bumi Utara. Adapun abelisaurid berkeliaran terutama di anak benua selatan kuno Gondwana, yang sekarang membentuk Afrika, India, Antartika, Australia, dan Amerika Selatan.