Penyakit Misterius Bikin Beruang di AS Jadi Jinak seperti Anjing

By Utomo Priyambodo, Kamis, 1 April 2021 | 17:30 WIB
Beruang yang mengalami penyakit misterius di California sedang menjalani pemeriksaan. (Kirsten Macintyre / California Department of Fish and Wildlife)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah penyakit misterius telah membuat beberapa beruang di California, Amerika Serikat, jadi jinak terhadap manusia seperti anjing. Beberapa anak beruang hitam di California yang menunjukkan perilaku tidak biasa itu diyakini para ilmuwan menderita penyakit yang menyebabkan peradangan pada otak mereka.

Rabu lalu California Department of Fish and Wildlife (CDFW) mengatakan dalam sebuah laporan bahwa selama setahun terakhir, ada empat beruang yang menunjukkan perilaku aneh. Perilaku yang dimaksud antara lain sikap ramah yang tidak biasa dan terbuka terhadap manusia. Mereka seolah tidak takut pada manusia.

Keempat beruang itu kini telah dibawa oleh pihak berwenang untuk dibius dan menjalani pemeriksaan. Keempat beruang itu menderita gangguan saraf akibat ensefalitis, atau radang otak, kata CDFW seperti dilansir Yahoo!Finance.

Beruang terbaru yang ditemukan menderita penyakit itu dibawa masuk bulan lalu dari Pollock Pines di El Dorado County. Beruang betina muda yang badannya kurus itu dilaporkan bergerak ke halaman belakang perumahan dan tidak takut mendekati manusia. Tetangga mulai memberi anak beruang itu air, apel, dan stroberi, yang bertentangan dengan pedoman CDFW.

Baca Juga: Badan Kesehatan AS Beri Panduan untuk Menghadapi Wabah Zombie