Tornado Cacing yang Muncul di New Jersey AS Bikin Bingung Para Ilmuwan

By Utomo Priyambodo, Jumat, 2 April 2021 | 17:00 WIB
Penampakan tornado cacing di New Jersey, Amerika Serikat. (YouTube/News12)

Nationalgeographic.co.id—Sebenarnya adalah hal yang biasa bahwa cacing tanah kerap muncul ke atas tanah atau trotoar jalan setelah hujan. Namun keberadaan cacing-cacing tanah di New Jersey, Amerika Serikat, baru-baru ini telah menampilkan sesuatu yang tidak biasa, yakni cacing tornado atau wormnado.

Menurut seorang penduduk Hoboken, New Jersey, dia sedang berjalan-jalan pagi di sebuah taman dekat Sungai Hudson ketika dia melihat ratusan cacing menyebar di trotoar pada akhir Maret lalu. Penduduk perempuan yang identitasnya tak disebutkan itu mengatakan kepada Live Science bahwa yang agak aneh adalah dia melihat pola aneh yang dibentuk oleh ratusan cacing itu. Pola itu adalah bentuk seperti siklon atau tornado, di mana cacing-cacing itu membuat spiral melingkar di tepi trotoar.

Science Times memberitakan perempuan tersebut sempat mengambil foto fenomena tornado cacing itu dan mengirimkannya ke Tiffany Fisher, yang merupakan Dewan Kota Hoboken. Tiffany Fisher kemudian membagikan foto tersebut ke Facebook dengan keterangan: "Jelas cacing-cacing keluar setelah hujan, tapi ini sesuatu yang belum pernah saya lihat!"

Baca Juga: Keindahan dalam Kebuasan, 70 Orca Memangsa Paus Biru di Tengah Laut