Turis Mancanegara di Bali Tak Sadar Memegang Hewan Beracun Mematikan

By Utomo Priyambodo, Jumat, 2 April 2021 | 12:00 WIB
Seorang turis di Bali memegang gurita cincin biru yang racunnya mematikan. (TikTok)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah video yang baru-baru ini viral di TikTok menunjukkan seorang turis mancanegara di Bali dengan begitu santainya memegang salah satu hewan paling berbahaya di bumi. Perempuan itu tampaknya meremehkan hal-hal kecil, dalam hal ini hewan kecil di pantai yang ia anggap tak berbahaya.

Hewan kecil yang dipegang dengan tangan itu adalah seekor gurita cincin biru. Umumnya gurita ini memang memiliki tubuh yang kecil. Rata-rata ukuran tubuhnya hanya 12 hingga 20 sentimeter.

Seperti namanya, hewan kecil ini memiliki pola cincin biru psikedelik pada tubuhnya. Namun pola warna ini biasanya hanya terlihat saat hewan tersebut merasa terprovokasi.

Saat stres karena merasa terprovokasi itulah, tubuh gurita ini bisa berubah warna menjadi kuning cerah dan mengeluarkan 50 sampai 60 cincin biru. Perubahan warna dan munculnya pola cincin-cincin biru ini merupakan sinyal peringatan dari gurita tersebut kepada makhluk asing atau predator untuk mundur atau menjauh. Ini semacam sinyal "mundurlah" yang cukup jelas.

Baca Juga: Penyakit Misterius Bikin Beruang di AS Jadi Jinak seperti Anjing