Misteri Gumpalan di Norwegia Terungkap, Isinya Ribuan Embrio Cumi-cumi

By Utomo Priyambodo, Rabu, 7 April 2021 | 12:00 WIB
Gumpalan misterius berisi ratusan ribu embrio cumi-cumi. (Ringvold, H., Taite, M., Allcock, A.L. et al.)

Nationalgeographic.co.id—Beberapa tahun yang lalu, para penyelam yang menjelajahi pantai barat Norwegia menemukan objek yang tidak dapat mereka jelaskan, yakni sebuah gumpalan berbentuk bola besar seperti jeli. Lebar gumpalan ini lebih dari 1 meter. Objek ini melayang di antara dasar dan permukaan laut.

Gumpalan ini tembus cahaya. Namun ada garis gelap di pusatnya. Singkat kata, gumpalan ini adalah objek yang aneh dan tak dikenal sebagai apa.

Hampir 100 penampakan gumpalan serupa sebenarnya telah ditemukan di sekitar Norwegia dan Laut Mediterania sejak 1985. Namun hingga memasuki tahun 2021 gumpalan-gumpalan misterius ini belum juga bisa diidentifikasi sebagai apa.

Dan barulah di awal 2021 ini, berkat kampanye sains warga (citizen science campaign) dan hasil analisis DNA baru, para peneliti internasional akhirnya mampu mengidentifikasi gumpalan-gumpalan itu sebagai kantung telur yang jarang terlihat dari cumi-cumi biasa yang disebut Illex coindetii. Menurut laporan studi mereka yang terbit pada 30 Maret 2021 di jurnal Scientific Reports, setiap gumpalan ini mungkin berisi ratusan ribu telur cumi-cumi kecil, terbungkus dalam gelembung lendir yang perlahan hancur.

Baca Juga: Fosil Cumi-cumi Vampir Langka Ditemukan Kembali Setelah Lama 'Hilang'