Sebuah Pohon Masih Terus Membara sejak Kebakaran Hutan California 2020

By Utomo Priyambodo, Jumat, 7 Mei 2021 | 21:29 WIB
Kebakaran Taman Nasional Sequoia pada 19 Agustus 2020 sampai Desember 2020. Diduga penyebabnya adalah percikan api dari sambaran petir. Kobaran api ini membakar sekitar 700 kilometer persegi kawasan konservasi ini. (United States Geological Survey)

Nationalgeographic.co.id—Salah satu pohon sequoia raksasa yang ikonik di California baru-baru ini ditemukan masih dalam kondisi membara dan berasap. Pohon itu tumbuh di daerah yang hancur akibat kebakaran hutan besar-besaran yang melanda California, Amerika Serikat, pada musim panas lalu, kata otoritas Taman Nasional California.

"Para ilmuwan dan petugas pemadam kebakaran sedang mensurvei efek dari Castle Fire 2020 di Taman Nasional Sequoia, ketika mereka mengamati pohon sequoia raksasa yang masih membara dan berasap yang tampaknya disebabkan oleh kebakaran tahun lalu," kata dinas pertamanan dalam sebuah pernyataan yang dilansir Science Alert.

Para ahli percaya keadaan pohon adalah hasil dari kebakaran yang dimulai 19 Agustus 2020 ketika percikan dari sambaran petir tumbuh dan menyebar ke seluruh wilayah. Kobaran api ini kemudian membakar sekitar 270 mil persegi atau sekitar 700 kilometer persegi hutan hingga Desember lalu.

Salah satu pohon sequoia raksasa yang ikonik di California baru-baru ini ditemukan masih dalam kondisi membara dan berasap. (NPS/Tony Caprio)