Sains Terbaru: Petir Punya Kekuatan Besar untuk Membersihkan Udara

By Utomo Priyambodo, Minggu, 16 Mei 2021 | 10:00 WIB
Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa petir bisa menjadi pembersih udara di atmosfer. (Chris Kotsiopoulos)

Nationalgeographic.co.id—Sebuah studi sains terbaru mengungkapkan bahwa petir bisa menjadi pembersih udara di atmosfer yang jauh lebih penting daripada yang diperkirakan sebelumnya. Analisis baru dalam studi ini dibuat dengan melakukan pengukuran historis yang dikumpulkan dari sebuah pesawat pemburu badai pada tahun 2012, data yang awalnya dianggap tidak akurat.

Sebelumnya, beberapa kualitas penyemprotan udara dari petir sudah dipahami dengan baik oleh para ilmuwan, khususnya terkait pembuatan oksida nitrat dan hidroksida yang dapat membuang berbagai gas rumah kaca dari langit. Namun, masih ada banyak hal lainnya lagi yang terjadi dari munculnya petir, menurut hasil penelitian terbaru ini.

Menurut penelitian tersebut, tampaknya petir dan muatan listrik yang lebih lemah dan tak terlihat di sekitarnya dapat menghasilkan oksidan-oksidan penangkap polutan, yakni hidroksil (OH) dan hidroperoksil (HO2). Oksidan-oksidan ini juga dapat menghilangkan gas-gas emisi seperti metana dan karbon monoksida dari atmosfer.