Fosil Dinosarus Ditemukan di Pedalaman Australia, Diduga Spesies Baru

By Utomo Priyambodo, Jumat, 28 Mei 2021 | 20:00 WIB
Robyn Mackenzie, ahli paleontologi dan direktur Eromanga Natural History Museum, sedang memegang bagian tulang dinonsaurus. (Dan Llewellyn/Eromanga Natural History Museum)

Nationalgeographic.co.id—Pada hari Selasa pekan ini, tim paleontologi Australia menemukan sisa-sisa fosil yang mereka curigai sebagai spesies baru dinosaurus herbivora yang terkubur di Queensland barat. Para ahli paleontologi itu memperkirakan bahwa sisa-sisa tersebut berusia 95 juta tahun, yang berasal dari periode Cretaceous.

"Kebanyakan hal yang ditemukan di Australia dalam kaitannya dengan dinosaurus memiliki peluang yang sangat bagus untuk menjadi baru dalam sains karena sifat dasar bagaimana kita telah begitu lama terpisah dari Gondwana dan Amerika Selatan," ujar Robyn Mackenzie, ahli paleontologi sekaligus direktur Museum Sejarah Alam Eromanga (Eromanga Natural History Museum), kepada media Australia 9 News.

Gondwana adalah superkontinen kuno yang terdiri dari India, Afrika, Arab, Australia, Antarktika, Madagaskar, dan Amerika Selatan saat ini, menurut Britannica.