Paus Abu-abu Membuat Rekor Baru, Berenang Lebih dari Separuh Bumi

By Fikri Muhammad, Senin, 14 Juni 2021 | 14:00 WIB
Seekor paus abu-abu berenang melewati Prince William Sound di Alaska. Spesies ini biasanya ditemukan di Pasifik, meskipun ada penampakan baru-baru ini di Atlantik. FOTO OLEH NATURE PICTURE LIBRARY, ALAMY ()

Nationalgeographic.co.id—Seekor paus abu-abu telah berenang dengan jarak terjauh yang pernah tercatat dalam vertebrata laut—lebih dari 16.700 mil—lebih dari separuh bumi.

Cetacea jantan, terlihat di Namibia pada 2013, ia adalah paus abu-abu pertama yang pernah tercatat di belahan bumi selatan.

Tetapi butuh beberapa tahun penelitian genetik untuk memastikan paus itu berasal dari Pasifik Utara, menurut sebuah penilitan yang diterbitkan di jurnal Biology Letters

Ada dua populasi paus abu-abu yang diketahui. Satunya paus abu-abu timur dengan jumlah stabil sekitar 20.500 individu dan paus abu-abu barat yang terancam punah dengan 200 individu tersisa di alam liat. 

Paus abu-abu timur bermigrasi dari laut di sekitar Alaska dan Rusia ke tempat berkembang biak di Baja California. Tidak banyak yang diketahui tentang berkembang biak paus abu-abu di barat, tetapi mereka tercatat mencari makan di sekitar Rusia Timur.

Kembalinya paus besar seperti paus biru, dan paus abu-abu-dapat membantu populasi ikan laut pulih. (Wikimedia Commons)