Gletser yang Mencair Ternyata Berisi Kotak Kayu Berusia Berabad-abad

By Fadhil Ramadhan, Minggu, 20 Juni 2021 | 09:00 WIB
Kotak kayu yang telah dibuka berisikan 'lilin lebah'. Lilin pada saat itu merupakan objek penerangan satu-satunya yang ada. (Secrets of the Ice)

Nationalgeographic.co.id—Para arkeolog yang melakukan survei pada sebuah lapisan es Lendbreen di Pegunungan Jotunheim, Norwegia. Mereka menggali dan menemukan kayu berusia berabad-abad.

Mereka terkejut saat membuka tutup kotak kayu tersebut dan melihat isinya. Ia berisikan sejumlah lilin lebah yang hancur dan kekuningan. Lapisan es Lendbreen berada di atas batas vegetasi di pegunungan Norwegia. Saat ini, hanya dapat diakses dengan helikopter atau pendakian serius.

Ratusan tahun yang lalu, orang-orang sering mengunjungi situs tersebut dengan berjalan kaki. Mereka melintasi punggung bukit gunung setinggi 6.300 kaki untuk merumput, ke toko, dan tujuan lainnya.

Pada April 2020, sebuah studi utama tentang 60 artefak bertanggalkan radiokarbon menunjukkan bahwa pelancong, pedagang, dan petani menggunakan rute Lendbreen. Rute tersebut digunakan sebagai jalan raya pada Zaman Besi Romawi (sekitar 300 M) dan Abad Pertengahan.